Sukses

Parenting

Demi Kebaikanmu, Kenali 6 Faktor Penyebab Kemandulan Ini

Selama ini yang sering kita tahu adalah bahwa tanda kemandulan pada wanita adalah susah hamil. Tapi pernahkah kita coba mencari tahu apa sih sebenarnya faktor penyebab kemandulan ini? Penting sekali untuk mengetahui faktor penyebabnya agar kita bisa menghindarinya dan melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin.

Penyebab kemandulan itu cukup beragam. Kondisi tubuh dan kesehatan tiap orang berbeda-beda. Tapi secara umum, faktor penyebab kemandulan itu ada enam. Apa sajakah? Berikut infonya.

    Usia

    Seperti yang dilansir oleh mayoclinic.org, kesuburan wanita menurun seiring bertambahnya usia. Di tengah usia 30an, kesuburan wanita menurun, dan setelah melewati usia 37 tahun kesuburannya bisa menurun drastis. Kemandulan pada wanita dewasa bisa disebabkan oleh jumlah dan kualitas telur atau gangguan kesehatan yang mempengaruhi kesuburannya.

    Merokok

    Risiko keguguran sangat tinggi dialami oleh ibu hamil yang merokok. Kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan risiko kemandulan. Sementara pada pria, merokok bisa menyebabkan disfungsi ereksi dan menurunnya jumlah sperma.

    Minum Minuman Beralkohol

    Baik pada wanita maupun pria, kebiasaan minum minuman beralkohol bisa meningkatkan risiko kemandulan. Terlebih pada ibu hamil, konsumsi alkohol is a big no.

    Kegemukan

    Pola hidup buruk dan kegemukan atau obesitas bisa meningkatkan risiko kemandulan. Pada pria, kegemukan juga bisa mempengaruhi jumlah spermanya.

    Berat Badan di Bawah Standar Ideal

    Terlalu kurus atau berat badan di bawah standar ideal juga bisa menyebabkan kemandulan. Penderita anoreksia atau bulimia juga berisiko mengalami kemandulan. Dan hati-hati juga kalau kamu mengikuti diet yang super ketat, kamu juga berisiko mandul.

    Jarang atau Berlebihan dalam Olahraga

    Jarang olahraga bisa menyebabkan obesitas yang kemudian meningkatkan risiko kemandulan. Tapi olahraga berlebihan atau terlalu berat juga kurang baik untuk wanita karena bisa menyebabkan gangguan ovulasi.



Itu tadi enam faktor umum penyebab kemandulan. Penting untuk mengetahui dan mewaspadainya agar bisa melakukan tindak pencegahan. Semoga infonya bermanfaat, Ladies!








(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading