Sukses

Beauty

Hati-Hati Wanita Berkumis Tipis! Kamu Bisa Susah Punya Anak

Kumis mungkin feature wajah khas para pria, tapi tak menutup kemungkinan wanita punya kumis tipis. Meski tidak tumbuh lebat seperti layaknya pria namun ada beberapa wanita yang memiliki kecenderungan tumbuh rambut-rambut kumis halus di atas bibir meski sudah dicukur.

Sayangnya, ini bukan hal yang menyenangkan dimiliki oleh wanita. Wanita yang punya kumis tipis atau bulu rambut tumbuh di atas bibir ternyata bisa susah hamil dan memiliki siklus haid yang tidak teratur. Wanita yang memiliki kumis adalah ciri wanita yang mengalami Polycystic ovary syndrome (PCOS).

Biasanya, penyakit ini menyebabkan sistem reproduksi wanita terganggu bahkan bisa menyebabkan wanita tidak bisa memiliki anak. Wanita dengan Polycystic ovary syndrome mengalami ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Tumbuhnya kumis biasanya ditandai dengan tingginya hormon androgen yang lebih banyak pada lelaki. Dan tingginya hormon pria inilah yang menghambat punya anak.

Jika tak segera ditangani, PCOS bahkan bisa mengancam kesehatan seperti masalah diabetes dan penyakit jantung. PCOS bisa ditandai sejak dini sejak perempuan mengalami pubertas atau menstruasi. Mereka yang punya berat badan berlebih biasanya lebih mungkin mengalami PCOS karena masalah insulin.

Beberapa gejala PCOS seperti dikutip dari Webmd.com adalah sebagai berikut.

  1. Tumbuh jerawat
  2. Naiknya berat badan dan sulit menurunkannya
  3. Tumbuh rambut-rambut halus di wajah dan tubuh (dada, perut dan punggung)
  4. Siklus menstruasi tidak teratur, bahkan terkadang hanya haid 9 kali dalam setahun
  5. Rambut kepala menipis
  6. Susah hamil atau mengalami masalah kesuburan
  7. Sering merasa depresi

Jadi, jangan abaikan kumis tipis di atas bibir dari sekarang ya ladies. Apalagi jika siklus menstruasimu juga tidak teratur. Kamu perlu memeriksakan diri ke dokter.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading