Sukses

Parenting

Anak Akan Masuk Playgroup? Inilah Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Moms, kemampuan untuk bersosialisasi dengan orang lain memang sangatlah penting ya. Dan playgroup ini adalah salah satu solusinya. Playgroup akan memberikan kesempatan anak untuk bersosialisasi sebelum sekolah dimulai.

Apalagi sekarang ini, kegiatan di taman kanak-kanak tidak lagi didominasi oleh bermain, namun lebih kepada aspek akademik. Selain minimnya porsi bermain ini, kemampuan untuk bersosialisasi pun juga kurang ditekankan. Ini karena guru tidak memiliki cukup banyak waktu untuk mengajarkan kurikulum dan juga mengembangkan kemampuan bersosialisasi dalam keterbatasan waktu yang ada.

Walaupun playgroup adalah salah satu alternatif yang bisa Anda pilih, beberapa hal perlu dipertimbangkan lagi. Berikut ini beberapa pertimbangannya, seperti yang ditulis oleh laman learningdevelopmentactivities.blogspot.com.

Usia Anak
Pada umumnya, playgroup ini akan dimulai saat anak berusia 3 atau 4 tahun. Ini karena usia 3 atau 4 tahun ini adalah usia dimana anak akan memperlakukan orang lain dengan baik. Nah, ketika anak sudah mulai bisa mendengarkan dan memperhatikan orang lain, caregiver mulai bisa mengarahkan apa yang seharusnya mereka lakukan kan?

Manfaat lainnya adalah karena di usia 3 sampai dengan 4 tahun ini mereka sudah bisa buang air kecil dan buang air besar di toilet. Jadi, orang tua bisa menyuruh anak untuk ke toilet terlebih dahulu sebelum meninggalkan rumah dan nanti setelah kembali ke rumah. Pastinya, beberapa anak akan pergi ke toilet saat di playgroup, namun dikatakan kalau hal ini jarang terjadi. So, Moms, Anda tidak perlu lagi mengganti popoknya sebanyak 5 sampai dengan 6 kali sehari ya. Lebih memudahkan kita ya tentunya.

Ataupun kalau Anda ingin memasukkan si kecil ke playgroup saat usia 2 tahun, pastikan kalau Anda bisa menemaninya sepanjang waktu ya. Jangan sampai Anda meninggalkan si kecil di usia ini karena mereka belum bisa pergi ke toilet sendiri.

Nah, keuntungan lainnya kalau Anda memasukkan anak ke playgroup saat usianya menginjak 3 sampai dengan 4 tahun adalah mereka sudah lebih tidak egois dan lebih mampu memahami apa yang kita sampaikan. Mereka juga akan lebih siap untuk bermain sendiri dan pengasuh yang ada hanya harus mengarahkan apa yang seharusnya mereka lakukan karena mereka sendiri sebenarnya sudah mampu membuat pilihan-pilihan yang baik untuk diri mereka sendiri.

Frekuensi
Moms, frekuensi berapa kali seminggu harusnya mereka pergi ke playgroup ternyata sangat bergantung kepada Anda ya. Mungkin playgroup ini akan cukup dilakukan seminggu sekali. Dengan begitu, mereka akan menanti-nantikan kapan akan pergi ke playgroup dan tidak terbebani dengan rutinitas ini setiap harinya.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda ya, Moms.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading