Sukses

Parenting

Tips Merawat Puting Payudara Pada Masa Menyusui

Saat menyusui puting payudara Anda pasti kerap kali terluka dan kesakitan. Ini merupakan tantangan yang harus dihadapi setiap wanita. Sakit pada puting payudara ini biasanya disebabkan oleh bayi yang menyedot ASI terlalu keras. Puting kadangkala kesakitan bahkan sampai berdarah. Berikut ini ada beberapa tips dari boldsky.com untuk mengatasi hal ini.

1. Kurangi Pemakaian Bra

Bra yang tidak pas akan menekan payudara dan menghalangi kulit untuk bernafas. Kulit payudara yang terlalu lembab ini bisa menimbulkan masalah pada puting Anda. Jika memang Anda sedang menyusui usahakan untuk tidak mengenakan bra atau pilih bra yang nyaman. Ini akan membantu mengurangi iritasi pada puting payudara Anda. Semakin banyak udara akan mengurangi resiko terjadinya luka atau iritasi.

2. Menyusui Secara Rutin

Dengan menyusui secara rutin, bayi Anda akan selalu kenyang dan tidak sampai merasa kelaparan. Kadangkala bayi yang terlalu agresif saat menyusu kepada ibunya akan menggigit bahkan menarik puting payudara. Jika mereka disusui secara teratur tentu saja ini akan mengurangi resiko terjadinya luka pada puting payudara Anda.

3. Pompa Payudara

Sebelum menyusui gunakan pompa payudara paling tidak selama kurang lebih 2 menit. Ini akan membantu untuk membuat area payudara lebih lemas dan juga melancarkan keluarnya ASI Anda.

4. Gelitikkan Puting Pada Bayi

Sebelum menyusui gelitikkan dulu puting pada mulut bayi. Saat mulut bayi sudah terbuka lebar baru masukkan puting Anda. Ini akan menghindarkan Anda pada resiko luka akibat tergigit.

5. ASI

Cobalah untuk mengoleskan ASI pada puting Anda setelah menyusui. ASI ini sangat baik karena mengandung banyak antibodi. ASI ternyata bisa menyembuhkan luka pada puting dengan cepat.

6. Kantung Teh Hangat

Sebelum menyusui coba kompreskan kantung teh hangat pada puting payudara Anda. Ini akan menyegarkan puting Anda dan akan membantu mengobati saat puting Anda terluka.

Selamat mencoba ya Ladies.  

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading