Sukses

Parenting

Ketika Anak Susah Makan

Manusia membutuhkan makanan dan air untuk tetap hidup. Anak-anak membutuhkan makanan sehat yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Tetapi, beberapa anak mendengar orang lain mengatakan bahwa makanan dapat membuat gemuk atau mungkin mulai khawatir tentang tubuh dan penampilan mereka. Itulah mengapa sebagian anak berhenti makan dengan benar, makan terlalu sedikit, atau memuntahkan kembali makanan yang telah mereka makan.

Tidak makan dengan benar dapat membuat anak sakit. Tidak cukup makan atau makan tapi kemudian dimuntahkan akan menyebabkan masalah pada tumbuh kembang anak. Jika keadaan ini berlangsung lama, anak bisa menjadi sakit dan harus dirawat di rumah sakit untuk diberi makan melalui tabung yang dipasang di hidung. Dalam beberapa kasus ekstrim, orang tidak bisa berhenti diet sehingga membuat tubuh semakin tipis dan bisa berujung dengan kematian, seperti dilansir kidshealth.org.

Ada banyak alasan mengapa orang melakukannya. Salah satunya mungkin karena artis dan model yang ada di majalah, TV, dan internet memiliki badan yang tipis yang terlihat selalu bahagia dan kaya, sehingga ingin memiliki bentuk tubuh yang sama.

Tidak ada salahnya jika menginginkan tubuh yang langsing, sehat, dan bahagia. Tapi, keinginan menjadi kurus kadang menyebabkan pemikiran dan perilaku yang berbahaya ketika berurusan dengan makanan. Beberapa orang mulai melakukan diet yang berarti makan dalam porsi yang lebih sedikit, dan terkadang diet bisa terjadi di luar kendali.

Beberapa anak di sekolah mungkin mulai bersaing tentang sedikit apa mereka makan. Beberapa yang lain mengatakan tidak lapar dan tidak perlu makan. Tapi ini bisa menjadi awal dari masalah makan yang tidak sehat.

Oleh: Handayani Rahayuningsih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading