Sukses

Parenting

Si Kecil Bandel Karena Ayahnya Terlalu Sibuk Kerja?

Memiliki anak adalah tanggung jawab yang besar, karena memberinya pendidikan dan makanan setiap hari tidak cukup ladies. Anak membutuhkan perhatian dan peran orang tuanya untuk membesarkan mereka. Walau memiliki banyak mainan, namun bila ayah dan ibunya tidak ada untuk menemaninya maka anak akan merasa tetap ada yang kurang.

Suami yang biasanya bekerja dari pagi hingga malam hari untuk mencari nafkah, akan memiliki waktu yang sedikit sekali untuk bermain dan mengajari buah hati belajar atau membuat sesuatu. Kurangnya waktu antara ayah dan anak ini bisa memicu si kecil menjadi agresif dan bertingkah lho! Para ayah yang sibuk akibat menghabiskan waktu terlalu lama di kantor ternyata memberi dampak buruk bagi perilaku anaknya, demikian menurut penelitian terbaru.

Dalam penelitian ini terdapat hasil temuan bahwa anak laki-laki berusia 5-10 tahun yang ayahnya bekerja 55 jam atau lebih dalam seminggu terbukti punya sifat yang agresif. Anak-anak ini akan bersikap lebih menyebalkan dan cenderung ke arah susah untuk dinasehati atau diberi tahu. Rupanya bisa jadi karena kesibukan sang ayah membuat anak kurang mendapat perhatian dan akhirnya menjadi anak yang lebih susah diatur.

"Penelitian ini cukup penting karena selama ini belum pernah ada riset yang membahas hubungan antara kesibukan ayah dan kenakalan anaknya," papar peneliti Jianghong Li dari WZB Berlin Social Science Research Center di Berlin, Jerman dikutip dari merdeka.com. Li mengatakan bahwa peran ayah juga sangat penting dalam pendidikan dan tumbuh kembang anak.

Bila biasanya ibu bekerja dijadikan alasan kenapa anak-anak menjadi bandel dan susah diatur, maka dengan penelitian ini teori itu terpatahkan. Ayah dan ibu yang sibuk keduanya bisa berpengaruh pada perilaku anak. Anak membutuhkan sosok orang tuanya untuk sekedar menemani bermain atau mengingatkan mereka bila berbuat kesalahan.

Bila si kecil mulai bandel dan suami Anda waktunya habis di kantor atau pekerjaannya, maka sudah saatnya Anda memberi tahu ayah dari buah hati Anda. Minta suami untuk menyisihkan waktu untuk bermain dan mengawasi anak agar tidak kekurangan perhatian dan kasih sayang.

BACA JUGA

Gejala Porn-addict Pada Anak-Anak

Hubungan Anak dan Orang Tua Setelah Perceraian

Cegah Anak Jadi Sex-Addicted

Kasus Porn Addict Pada Anak-anak - Salah Internetkah?

The Wild Child Conference- Kepedulian Masyarakat Terhadap Masalah Remaja

(vem/sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading