Sukses

Parenting

Mengajari Anak Disiplin

Sebagai orang tua, kita wajib memberikan yang terbaik untuk bekalnya di masa depan, termasuk mengajarkannya untuk disiplin. Tetapi, terkadang banyak orang tua yang frustasi bila menghadi ketidakdisiplinan anak.

Teknik apa yang perlu diberlakukan untuk membuat anak menjadi disiplin? Berikut beberapa teknik yang bisa digunakan, dirangkum webmd.com:

1. Reward untuk perilaku yang baik

Mengakui perilaku baik ketika anak melakukannya adalah cara yang baik untuk mendorong anak agar melakukan lagi dan melanjutkannya. Pujilah anak ketika dia menunjukkan perilaku yang baik.

2. Konsekuensi secara alami

Ketika anak anda berbuat kesalahan, biarkan anak mengalami pengalaman itu dan menerima akibatnya. Anda tidak perlu mengguruinya tentang apa yang terjadi dan dia tidak akan menyalahkan anda.

Teknik ini akan berhasil ketika anak tidak mau mendengarkan peringatan yang anda berikan tentang konsekuensi dari perilaku mereka. Tapi, pastikan konsekuensi yang dihadapi tidak berbahaya.

3. Mengambil fasilitas yang didapat

Anda bisa mengambil fasilitas yang anda berikan kepada anak jika dia berperilaku kurang bagus. Teknik ini akan bekerja jika fasilitas yang anda ambil berhubungan dengan perilakunya yang tidak baik, sesuatu yang berharga bagi anak, secepatnya mengambil fasilitasnya segera setalah anak melakukan perbuatan yang tidak pantas.

4. Hukuman fisik

Hukuman fisik seperti menampar, memukul, atau mencubit sangat tidak disarankan. Biasanya, hukuman nonfisik akan lebih berhasil dan tidak menimbulkan konsekuensi yang negatif. Hukuman fisik dapat menimbulkan masalah lain seperti dapat menjadikan anak lebih agresif, lebih mengganggu dan berbahaya bagi anak, dan mungkin akan membut anak berpikir bahwa tidak apa-apa menyakiti orang yang dicintai.

Oleh: Handayani Rahayuningsih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading