Sukses

Parenting

Berikan 5 Imunisasi Wajib Untuk Bayi Anda

Selain diberikan ASI eksklusif sebagai antibodinya, pemberian imunisasi untuk bayi juga penting lho. Bunda sudah tahu jenis-jenis imunisasi yang wajib untuk bayi? 

Seperti yang dilansir posyandu.org, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menetapkan ada 5 jenis imunisasi yang wajib diberikan pada bayi di Indonesia. parenting.co.id juga membenarkan pernyataan tersebut sekaligus menjelaskan manfaat dan waktu imunisasi yang tepat.
1. BCG (Bacille Calmette-Guerin)
Imunisasi ini diberikan untuk mencegah bayi terkena tuberculosis (TB) akibat bakteri Mycobakterium Tuberculosis yang biasanya menyerang paru-paru, walaupun bisa juga menyerang organ lain pada tubuh. BCG diberikan setelah bayi lahir.
2. Hepatitis B
Imunisasi Hepatitis B berguna untuk mencegah adanya virus hepatitis B yang menyerang hati. 12 jam setelah bayi lahir, imunisasi hepatitis B sebaiknya langsung diberikan, lalu diberikan lagi 4 minggu kemudian dan saat bayi berumur 3-6 bulan.
3. Polio
Imunisasi polio wajib dilakukan beberapa kali agar bayi terhindar dari virus polio. Imunisasi ini diberikan setelah ia lahir lalu saat berumur 2, 4 dan 6 bulan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan terhindar dari kelumpuhan, imunisasi polio harus diberikan lagi saat bayi berumur 18 bulan dan 5 tahun.
4. DTP (Diphteria, Tetanus, Pertussis)
Imunisasi DTP bermanfaat untuk mencegah penyakit difteri, tetanus dan pertusis atau batuk yang tidak kunjung usai. DTP diberikan setelah bayi berumur 6 minggu lebih, 4 bulan dan 6 bulan.
5. Campak
Imunisasi yang dilakukan saat bayi berumur 9 bulan ini bermanfaat untuk mencegah bayi dari virus campak.

Jangan sampai ada imunisasi yang terlewat ya Bunda.

Agit Diyanita

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading