Sukses

Parenting

Tips Bantu Anak Belajar Berjalan

Ladies, kalau si Kecil sudah mulai belajar berjalan, itu berarti ada tugas tambahan untuk kita. Harus menyiapkan tenaga lebih ekstra ya. Jangan sampai lepas dari pengawasan saat mereka aktif bergerak.

Nah, kira-kira bagaimana caranya membantu mereka untuk berjalan? Atau seberapa besarkah peran orangtua ketika mereka mulai memasuki fase ini?

Menurut babycenter.com, hal pertama yang harus kita lakukan yaitu memberikan contoh kepada anak bagaimana cara berdiri, dan kemudian duduk.

Pegangi di bagian bawah ketiak, perlahan angkat tubuhnya. Pastikan kaki bayi dalam keadaan lurus. Nah, saat inilah kaki bayi bisa belajar untuk menapak di lantai.

Perlahan, setelah bayi dalam posisi berdiri, bantu dia menekuk bagian lutut pelan-pelan. Nah, sekarang bayi sudah dalam posisi duduk.


Selanjutnya, bila dia mencoba gerakan seperti yang sudah dicontohkan tadi, kita harus tetap membantunya ya. Nantinya, setelah beberapa waktu, gerakan ini akan bisa dilakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Banyak juga orang tua yang menggunakan baby walker untuk membantu bayi mereka. Lalu, apakah alat ini benar-benar efektif?

The American Academy of Pediatrics (AAP) menyatakan bahwa sebenarnya baby walker tidak perlu digunakan untuk membantu bayi berjalan. Ya, baby walker memang dirancang khusus untuk membantu proses ini, namun justru dapat memberikan efek negatif.

Baby walker akan mengganggu otot-otot kaki bayi untuk tumbuh dengan normal. Nah, karena alasan inilah, sebaiknya kita tidak menggunakan alat ini.

Ladies, jangan lelah mengawasi mereka ya. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Oleh: Septia Ningrum


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading