Empat Tips Makan Sehat Bagi Si Kecil

Sabtu, 20 Juli 2013 14:56

(c)shutterstock

Vemale.com - Anak-anak akan mengalami masa pertumbuhan. Di masa-masa penting inilah Anda harus benar-benar memperhatikan asupan makanan mereka agar proses tumbuh kembang mereka berjalan optimal.

Ada nggak sih tips makan sehat bagi si kecil? Tentunya Anda harus memberikan makanan 4 sehat 5 sempurna pada si kecil. Selain itu, masih ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk membangun kebiasaan makan sehat pada si kecil. Berikut ulasan dari healthychildren.org:

Yang pertama dan paling utama adalah untuk memasukkan sayuran dan buah-buahan dalam setiap menu masakan. Sayur dan buah memiliki kandungan vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan. Anda dapat menyertakan sayur atau buah segar, kering, maupun kalengan di dalam setiap makanan untuk si kecil.

Tapi tetap hati-hati dengan produk buah dan sayur kaleng yang memiliki tambahan gula atau pengawet makanan. Anda dapat mengkreasikan potongan sayur dan buah dengan bentuk-bentuk yang menarik bagi si kecil agar mereka tertarik untuk melahapnya.

Selain menyiapkan menu makanan, tentunya Anda juga harus menanamkan ide tentang makanan sehat sejak dini. Berikan mereka pilihan makanan yang sehat dan kurangi kesempatan jajan di luar. Sedangkan untuk porsinya, biarkan si kecil yang menentukan berapa banyak ia harus makan selama porsinya masih normal.

Biasakan si kecil untuk selalu sarapan sebelum memulai harinya. Anak-anak maupun orang dewasa yang terbiasa sarapan biasanya memiliki resiko rendah untuk overweight. Yang terakhir, bangunlah kebiasaan untuk makan bersama di meja makan. Dengan begini, kebiasaan makan buah hati Anda akan terjadwal dan terkontrol.

Wahyu Wienanda

(vem/sfg)






ARTIKEL TERKAIT - PARENTING DAN BAYI
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


    © 2003-2018 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.