Sukses

Parenting

Remaja Aktif Pantang Bunuh Diri

Apakah anak anda sedang beranjak dewasa? Ada baiknya anda membuat anak suka berolahraga sejak dini karena hal tersebut dapat mengurangi resiko ia melakukan bunuh diri seperti dilansir oleh medicalnewstoday.com berikut ini.

Sebuah studi yang dilansir oleh para peneliti dari Sahigrenska Academy, Universitas Gotherburg di Swedia meneliti 1.136.527 laki-laki di Swedia untuk menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara berolahraga sejak dini dan berkurangnya resiko tindakan bunuh diri ketika mereka beranjak dewasa.

Salah seorang peneliti, Margda Waern menyatakan bahwa memiliki fisik yang kurang sehat pada umur 18 tahun dapat menjadi faktor meningkatnya kasus bunuh diri hingga 1,8 kali. Studi ini juga mengungkapkan bahwa berolahraga dapat meningkatkan fungsi otak dimana sel-sel syaraf berkembang pada saat berolahraga.

Masa remaja adalah masa yang sangat penting dalam proses perkembangan otak karena kemampuan sosial dan emosional sedang berkembang. Studi yang meneliti laki-laki yang lahir pada tahun 1950 dan 1987 ini membandingkan hasil dari ujian berolahraga dan data nasional akan kasus penyakit dan kematian.

Untuk mendukung studi ini, medicalnewstoday.com menambahkan bahwa studi sebelumnya pada tahun 2012 menunjukkan bahwa keadaan fisik yang sehat dapat mengurangi resiko depresi. Anda pasti mengetahui bahwa depresi menjadi faktor kuat tindakan bunuh diri. Oleh karena itu, Margda Waern menyimpulkan bahwa otak menjadi lebih kebal terhadap berbagai macam stres ketika fisik dalam keadaan sehat. Sekarang, apakah anda masih pikir-pikir untuk membuat anak suka berolahraga?

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading