Sukses

Parenting

4 Cara Mencegah Anak Tantrum

Tugas sebagai ibu bukan hal yang mudah, namun bukan berarti sangat berat dan membebani. Justru inilah saatnya Moms banyak belajar, apalagi menghadapi anak tantrum karena suatu hal. Menghadapi si kecil yang tantrum harus sabar dan tenang, namun akan lebih baik lagi jika bisa mencegahnya. Seperti dilansir dari New Parent, ini sekian cara mencegah agar tantrum pada anak tak perlu terjadi.

1. Jaga moodnya tetap baik
Ini adalah cara paling penting yang harus dilakukan Moms. Ketahui pattern anak, kegiatannya, kapan ia lapar, lelah dan butuh istirahat. Menjaga moodnya tetap baik akan mencegah anak tak akan tantrum.

2. Konsisten
Jaga konsistensi sikap pada anak. Jangan plin-plan menentukan sikap, Hari ini ia boleh nonton TV hingga malam, besoknya tak boleh. Sikap ini akan membuat anak bingung dan mempertanyakan alasannya. Buat rutinitas dan aturan yang jelas agar anak paham dan bisa mengikutinya.

3. Siap kapan saja
Terkadang tantrum anak tak diketahui apa sebabnya, selalu siapkan mental untuk menghadapi segala situasi dan kondisi. Belajar mengalihkan perhatian sehingga bisa lupa masalahnya dan menenangkan emosinya.

4. Adil
Tantrum pada balita bisa dikendalikan jika dilakukan dengan adil. Jangan memaksa ketika anak tak suka, misalnya memilih makanan, mainan dan kegiatan yang akan dilakukan. Keep them happy.

Menjadi ibu memang proses belajar yang panjang Moms, dan hal ini tak lepas dari skill yang bisa diasah setiap waktu agar bisa jadi ibu terbaik baginya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading