Ayah Bisa Lakukan Hal ini Agar Tetap Dekat dengan Anak Meski Jarang Bertemu

Selasa, 21 Agustus 2018 12:00

Luthfia Miranda Putri



Tips Parenting/ Copyright : unsplash.com

Vemale.com - Menjadi seorang ayah yang punya pekerjaan paruh waktu memang selalu menjadi alasan mengapa ia tidak bisa dekat dengan anak. Pulang larut malam saat anak tidur tentunya jarang membuatnya menghabiskan banyak waktu bersama si kecil. Namun, bukan berarti ayah tidak bisa mengupayakan untuk tetap bisa dekat dengan anak.

Seperti yang dilansir dari Parentalk, ayah bisa saja punya quality time dengan anak dengan melakukan cara berikut ini.

1. Video call
Adanya kemajuan teknologi bisa membuat orang bisa mudah berkomunikasi seperti memanfaatkan handphone untuk video call. Cara ini bisa memudahkan ayah untuk bisa langsung melihat keadaan keluarga di rumah. Meskipun jauh, ayah dan anak bisa seolah dekat.

2. Saling mengirim foto
Mom dan ayah bisa bekerjasama untuk saling berbagi informasi kegiatan sehari-hari. Mom bisa mengirimkan foto saat anak sedang berangkat sekolah, sedangkan Ayah bisa mengirim foto saat ia bekerja. Hal ini bisa sebagai cara memberikan pengertian kepada anak tentang pekerjaan ayah yang membuatnya jarang di rumah. Ayah pun juga bisa memantau dan tahu perkembangan anak di rumah.

3. Pajang foto ayah di rumah
Melalui memori visual, kedekatan ayah dan anak bisa saja terjalin. Mom bisa memasang foto ayah di sudut rumah yang sering dilewati anak ataupun memasang foto ayah sebagai wallpaper handphone. Tentunya hal ini sangat ampuh untuk anak kecil yang memiliki daya ingat yang kuat.

4. Selalu bilang sayang dan cium anak
Meski selalu pulang larut malam saat anak sudah tidur, bukan berarti ayah tidak bisa sempat untuk bilang sayang kepada mereka. Ayah bisa mencium dan bilang sayang mereka saat mereka sedang istirahat. Hal ini tentunya agar anak bisa merasakan kasih sayang dari sang ayah.

5. Sempatkan untuk meluangkan waktu bersama
Terakhir, hal inilah yang harus dilakukan untuk setiap orangtua yang sibuk. Ayah harus selalu menyempatkan diri untuk terlibat dalam kegiatan anak seperti memandikannya, menyuapi makan, dan juga bermain. Menurut Studi dari Infant Mental Health Journal, bayi yang sering berinteraksi dengan ayah akan punya kemampuan kognitif daripada anak yang jarang berinteraksi. Jadi meskipun ayah melakukan hal-hal sederhana dengan si kecil, pastinya cara itu bisa membuatnya memiliki momen yang berharga dan tak bisa dilupakan oleh si kecil.

Jadi, meskipun ayah sulit untuk bertemu dengan anak karena kesibukan kerja, selalu sempatkan waktu agar bisa tetap dekat anak ya. Dengan begini ayah dan anak bisa menciptakan suasana yang nyaman di rumah. Semoga bermanfaat.

Baca:

Ladies, Ini 3 Kekhawatiran Ayah Tentang Jodohmu Kelak

Pria Hebat Itu Sering Menyembunyikan Mendung di Wajahnya

Ayah, Ini 5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Ibu Menyusui Si Kecil

Mom, Ketahui Perubahan pada Pria Setelah Menjadi Seorang Ayah

Demi Anaknya, Seorang Ayah Seringkali Sengaja Menyembunyikan Rasa Lelahnya

(vem/mgg)






ARTIKEL TERKAIT - PARENTING DAN BAYI
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


    © 2003-2018 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.