Sukses

Parenting

Bayi Menderita Diare? Jangan Mudah Panik Mom, Begini Cara Menanganinya!

Setiap orang tua pasti akan merasa cemas, khawatir dan panik ketika mendapati buah hatinya yang masih bayi dilanda sakit. Tidak hanya sakit panas, flu dan diare juga sering kali membuat orang tua merasa panik berlebihan.

Melansir dari laman parents.com, dari data yang ada penyakit diare merupakan salah satu penyakit yang sering kali menyerang bayi juga anak-anak usia antara 2 hingga 5 tahun. Jika diare yang terjadi parah di mana terjadi selama tiga hari berturut-turut dan tak kunjung sembuh, pastikan untuk segera memeriksakan bayi ke dokter. Terlebih lagi, ketika diare ini disertai muntah, mual, demam dan keluhan lainnya.

Tapi nih mom, saat bayi mengalami diare di hari pertama, mom tak perlu terlalu khawatir. Ada beberapa cara untuk menangani bayi diare dengan baik dan tepat. Cara ini juga bisa meredakan penyakit diare. Apa saja caranya?

Penuhi Kebutuhan Cairan

Diare sering kali menyebabkan tubuh dehidrasi. Untuk mengatasi masalah dehidrasi ini, pastikan bahwa bayi memiliki asupan cairan cukup. Penuhi kebutuhan ASInya dengan baik. Bila perlu, beri asupan cairan lain berupa susu formula. Mom hanya perlu memberi minum buah hati secara bertahap namun rutin saat ia menderita diare.

Hindari Makanan Penyebab Diare

Pastikan untuk tidak memberikan makanan yang berpotensi meningkatkan risiko diare pada bayi seperti halnya kembang kol, minuman beralkohol, minuman bersoda, makanan pedas, makanan berlemak tinggi dan sejenisnya. Mom juga perlu menghindari makanan tersebut apalagi ketika asupan nutrisi bayi adalah ASI setiap harinya. Sebaiknya, konsumsi makanan yang bisa mengurangi risiko diare. Makanan tersebut antara lain roti tawar, nasi putih, buah apel, dan pisang.

Hindari Memberi Obat Antidiare

Pastikan untuk menghindari memberikan obat diare pada bayi. Kalau pun ingin memberi obat, pastikan untuk sesuai dengan saran dokter. Ketika anak mengonsumsi obat diare, ia bisa mengalami efek buruk semisal mual, muntah, pusing dan gangguan sistem pencernaan.

Istirahat Cukup

Secara perlahan tapi pasti, risiko diare akan menurun ketika penderitanya memiliki istirahat cukup. Saat buah hati mom mengalami diare, pastikan juga bahwa dirinya memiliki waktu istirahat cukup.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko diare atau mengatasi masalah diare pada bayi. Saat bayi mengalami diare, jangan langsung panik ya mom. Ambil langkah terbaik dan terbijak ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading