Sukses

Parenting

5 Tanda Kehamilan Ini Sering Tak Disadari Wanita

Hamil mungkin menjadi salah satu hal yang diharapkan banyak wanita, apalagi jika memang sudah lama menanti. Tapi ada kalanya beberapa wanita tidak merencanakan hamil, dan tak tahu kalau dirinya hamil hingga beberapa tanda kehamilan muncul di tubuh.

Dan uniknya ada sekian tanda kehamilan yang sering tidak disadari wanita. Tanda kehamilan sendiri dapat dibagi menjadi dua, yaitu tanda kehamilan pasti dan tanda kehamilan tidak pasti. Nah, tanda-tanda kehamilan ini tidak pasti tapi sering terjadi, seperti diungkap dr. Grace Valentine dari Klikdokter.com.

1. Perubahan pada payudara

Fluktuasi hormon di awal kehamilan bisa membuat payudara terasa lebih besar, padat dan kencang serta sensitif. Warna kulit puting payudara bahkan lebih gelap dari biasanya dan menonjol.

2. Pusing dan cepat lelah

Tanpa sebab yang jelas, kamu jadi gampang capek dan pusing. Seakan kamu mengalami anemia. Ini diakibatkan hormon progesteron dan perubahan aliran darah sehingga juga mempengaruhi metabolisme.

3. Mual dan muntah

Ini adalah gejala paling umum di tiga bulan awal kehamilan. Adanya peningkatan hormon hCG di minggu ke-6 hingga ke-14 ini akan membuat wanita agak kewalahan. Morning sickness ini akan membaik setelah minggu ke-22.

4. Lebih sering buang air kecil

Karena tekanan disebabkan oleh pembesaran rahim yang terletak di belakang kandung kemih, maka wanita hamil akan lebih sering buang air kecil.

5. Konstipasi

Hormon kehamilan juga menimbulkan tekanan pada otot saluran pembuangan. Metabolisme lebih cepat menyebabkan penyerapan cairan dari makanan di dalam usus meningkat, sehingga konsistensi feses menjadi lebih keras. Ibu hamil bisa mengatasi masalah ini dengan cara cukup minum air dan makan makanan tinggi serat.

Itu dia sekian tanda-tanda kehamilan yang sering tak disadari banyak wanita. Tapi kini kamu sudah bisa memperkirakan apakah kamu hamil atau tidak kan ladies?

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading