Sukses

Beauty

Hari Gizi Nasional 2018: Bersama Menuju Bangsa Sehat & Berprestasi

Hari ini, 25 Januari 2018 merupakan peringatan Hari Gizi Nasional yang ke 58. Fokus tema dari Hari Gizi Nasional kali ini adalah bersama membangun gizi menuju bangsa sehat dan berprestasi. Tema besar ini masih dipilih karena keadaan masyarakat Indonesia yang angka gizi buruknya masih tinggi.

Gizi buruk yang diderita oleh masyarakat terutama anak-anak memiliki dampak yang tidak main-main Ladies. Tidak cuma berimbas terhadap bentuk tubuh yang pendek maupun kurus, gizi yang buruk ini berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan otak yang akan berimbas pada rendahnya kualitas sumber daya manusia.

Salah satu hal yang menjadi perhatian lain adalah kasus stunting. Stunting adalah anak yang punya tinggi badan lebih pendek dari standar usianya. Kasus ini jadi perhatian utama dalam peringatan Hari Gizi Nasional. Sub temanya sendiri adalah mewujudkan kemandirian keluarga dalam 1000 hari pertama kehidupan (HPK) untuk pencegahan stunting.

Faktor utama penyebab stunting merupakan buruknya asupan gizi sejak periode awal pertumbuhan janin hingga usianya dua tahun. Selain itu juga ada faktor eksternal seperti lingkungan yang kotor dan seringnya ibu hamil mengkonsumsi alkohol.

Ada tiga langkah sederhana untuk mencegah stunting pada anak. Yang pertama adalah memperhatikan asupan gizi yang cukup dan baik untuk ibu hamil dan menyusui. Selanjutnya memberikan nutrisi yang baik pada anak dan juga tetap memberikan ASI eksklusif minimal 6 bulan. Membiasakan pola hidup yang sehat seperti yang terkecil misalnya saja mencuci tangan pakai sabun. Senantiasa membersihkan lingkungan dan menjaga sanitasi selalu bersih.

Jika hal tersebut dilakukan secara teratur dan konsisten maka masalah stunting akan bisa diatasi. Cita-cita yang diungkapkan lewat tema peringatan Hari Gizi Nasional 2018 ini pun akan terwujud.  

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading