Ini yang Perlu Diketahui Ibu Sebelum Memberikan Bayi MPASI

Selasa, 23 Januari 2018 07:00

Oleh: Febi Anindyakirana



Makanan pendamping asi buat anak/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Sebagai seorang ibu, ada banyak hal baru yang perlu kamu ketahui dan pelajari, terutama semua hal yang berhubungan dengan bayi dan anak. Ketika si kecil mencapai usia yang sudah bisa dikenalkan dengan makanan padat, Moms harus siap menyiapkan makanan pengganti asi.

Tapi ada yang perlu setiap ibu tahu tentang memberikan makanan padat pada bayi. Ahli kesehatan World Health Organization dan The American Academy of Pediatrics merekomendasikan para orangtua untuk menunggu hingga bayi berusia paling tidak enam bulan sebelum bisa memberikan makanan padat atau MPASI.

Jangan mengenalkan makanan padat pada bayi sebelum bayi berusia 6 bulan karena mengenalkan makanan padat terlalu dini bisa mengganggu proses anak mendapatkan nutrisi penting yang seharusnya masih didapat dari asi dan susu formula. Nutrisi-nutrisi dari asi dan susu formula masih sangat diperlukan untuk tumbuh kembang bayi.

Namun juga jangan memberikan terlambat Moms. Bayi usia 6-7 bulan sudah bisa dikenalkan makanan padat. Ahli gizi mengungkapkan bahwa jika terlambat mengenalkan MPASI pada bayi, bisa memicu kekurangan gizi mikro, alargi dan bahkan gizi buruk di kemudian hari.




Kapan harus memberikan makanan pendamping asi pada bayi/copyright Shutterstock.com

Ada beberapa indikator yang bisa menunjukkan kapan anak siap untuk mendapatkan makanan padat seperti misalnya anak sudah bisa duduk, tertarik terhadap bersandar dan sudah memiliki kendali terhadap leher dan kepala.

Jika memberikan makanan padat juga harus dipilih dengan benar, pilih makanan-makanan yang mudah dihancurkan dan mudah dicerna. Paling penting, hindari makanan-makanan yang bisa menyebabkan tersedak seperti anggur, kacang dan wortel.

Jadi Moms, itu yang perlu kamu ketahui sebelum mulai memberikan makanan padat atau MPASI pada anak.

BACA JUGA:

Stop! Mulai Sekarang Jangan Memberikan Air Putih untuk Bayi Ini Bahayanya

5 Resep MPASI Praktis & Mudah Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Kasus Difteri yang Merebak Disebabkan Oleh Anak-anak yang Tak Divaksin

Sering Makan Makanan Manis Saat Hamil? Perbesar Risiko Alergi pada Anak

Mengenal Trisomy 13 Kelainan Genetik Pada Bayi

(vem/feb)






ARTIKEL TERKAIT - PARENTING DAN BAYI
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


    © 2003-2018 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.