Sukses

Beauty

Kebanyakan Duduk Bikin Bokong Lebar? Penelitian Membuktikan...

Kelamaan atau kebanyakan duduk bikin bokong lebih besar dan lebar? Saat kita memperhatikan orang yang obesitas, memang biasanya bagian bokong atau pinggang akan tampak lebih besar dari bagian tubuh lainnya. Pola hidup yang kurang olahraga bisa jadi penyebabnya.

Ternyata memang kebanyakan duduk bisa menyebabkan penumpukan lemak di area bokong. Dikutip dari medicaldaily.com, sebuah penelitian yang dipublikasikan di Biophysical Journal menyebutkan bahwa kebanyakan duduk bisa membuat bokong lebar, tapi tak hanya itu saja. Kebanyakan duduk juga bisa menyebabkan obesitas karena pelebaran sel akibat cepatnya pertumbuhan massa lemak yang menekan dan memengaruhi sel-sel sekitarnya untuk memproduksi lebih banyak lemak.

Amit Gefen, profesor dari Department of Biomedical Engineering, Tel Aviv University menyebutkan bahwa obesitas tidak hanya disebabkan oleh kalori atau makanan yang kita konsumsi. Dalam penelitiannya yang sebelumnya disebutkan bahwa duduk terlalu lama bisa membuat sel-sel lemak berkembang dan sel-sel otot menghilang.

Waspada efek negatif kebanyakan duduk./Copyright pixabay.com

Sebuah penelitian lain yang dipublikasikan di American Journal of Preventive Medicine menemukan bahwa gaya hidup sedentary (gaya hidup di mana seseorang kurang dalam aktivitas fisik) bisa memberi dampak negatif pada kondisi fisik tubuh. Jadi penting untuk mengimbanginya dengan rutin melakukan olahraga demi menurunkan risiko berbahaya duduk terlalu lama.

Dikutip dari boldsky.com, sel-sel pre-adipocyte dalam tubuh bisa berubah jadi sel-sel lemak dan menimbulkan lebih banyak lemak di bokong pada orang yang duduk terlalu lama setiap harinya. Sel-sel lemak dalam tubuh bisa memproduksi trigliserida jadi lebih cepat saat duduk sampai berjam-jam lamanya.

Kalau kamu punya kebiasaan duduk berjam-jam setiap harinya, penting untuk mengimbanginya dengan melakukan olahraga rutin. Setidaknya setiap 45 menit sekali, bangunlah dari tempat duduk untuk jalan-jalan sebentar. Karena efek negatif duduk berjam-jam ternyata tak cuma bisa membuat bokong lebih lebar tapi juga meningkatkan risiko terkena obesitas. Wah, jangan sampai deh karena gaya hidup yang salah kita jadi mengorbankan kesehatan , ya ladies.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading