Sukses

Parenting

Selama Masa Menyusui, Hindari Konsumsi Makanan Ini Ya Moms

Menjaga pola makan sangatlah penting bagi ibu menyusui. Karena apa yang dimakan akan memberi pengaruh pada kualitas ASI dan juga kesehatan buah hati tercinta. Tak semua makanan enak baik dikonsumsi selama masa menyusui.

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi oleh ibu menyusui. Apa sajakah? Berikut info pentingnya untuk moms sekalian.

Yang Mengandung Kafein
Semua yang mengandung kafein sebaiknya dihindari selama masa menyusui. Minuman seperti kopi dan teh pun perlu dibatasi. Kandungan kafein dalam teh dan kopi yang moms minum bisa menyebabkan bayi yang mendapat asupan ASI dari moms jadi susah tidur dan rewel. Kalau ingin menikmati minuman yang bikin rileks, bisa coba minuman berbahan herbal seperti teh chamomile dan air jahe hangat.

Buah-Buahan yang Kandungan Asamnya Tinggi
Jeruk, lemon, nanas, kiwi, mangga muda, dan jenis buah-buahan asam lebih baik dibatasi konsumsinya. Karena biasanya rasa asam ini dapat memberikan pengaruh pada perut bayi. Dalam kasus yang serius, seperti yang dikutip dari allwomanstalk.com, bayi bisa mengalami muntah-muntah bila minum ASI dari ibu yang kebanyakan mengonsumsi buah-buahan yang asam. Dilansir dari momjunction.com, kandungan asam pada buah juga bisa menyebabkan meningkatnya asam lambung pada ibu juga bayi yang disusui, serta menyebabkan bayi rewel dan rentan terkena penyakit kulit.

Jaga pola makan selama masa menyusui, ya moms./Copyright thinkstockphotos.com

Beberapa Jenis Kacang-Kacangan
Sejumlah jenis kacang-kacangan, seperti kacang tanah bisa memicu gatal kulit dan ruam kemerahan pada kulit bayi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kacang-kacangan kurang disarankan pada ibu menyusui. Akan lebih baik untuk menggantinya dengan konsumsi makanan yang lebih kaya serat. Tapi hati-hati dengan jenis sayuran yang bisa memicu gas, seperti kembang kol, kubis, dan brokoli. Karena bisa membuat perut bayi kembung.

Makanan yang Terlalu Pedas
Memang sih makanan jadi lebih sedap dan menggoda selera bila ada sambal atau rasa pedasnya. Tapi selama masa menyusui, sebaiknya batasi. Makanan pedas yang dikonsumsi ibu bisa mempengaruhi kualitas ASI dan bisa membuat bayi jadi lebih rewel, gampang nangis, dan susah ditenangkan karena ia merasa tidak nyaman.

Jenis makanan dengan bau yang terlalu menyengat juga sebaiknya dibatasi selama hamil. Tapi selalu konsultasikan dengan dokter, ya moms. Karena kondisi tubuh dan toleransi alergi pada ibu dan bayi bisa berbeda satu sama lain.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading