Sukses

Parenting

4 Hal yang Lebih Dibutuhkan Anak-Anak Selain Belajar Agar Pintar

Anak-anak memang butuh banyak belajar agar bisa mengembangkan kecerdasan pikirannya. Namun bukan hanya intelegensinya saja yang harus diasah dan dikembangkan. Anak butuh banyak hal lain di samping hanya belajar buku-buku di sekolah, terutama yang bisa diajarkan orangtua padanya.

    Kecerdasan emosional

    Untuk melengkapi IQ-nya yang sudah bagus, orangtua dan orang-orang di sekitarnya juga harus bisa memberikan pengaruh positif mengembangkan kecerdasan emosionalnya. Belajar bersabar, melatih empati, berbagi, menerima penolakan, menerima kegagalan dan bagaimana menyikapi kesuksesan.

    Mengetahui bahwa segala hal yang didapat perlu usaha

    Banyak anak masa kini sudah terlalu nyaman dengan fasilitas yang diberikan orangtuanya tanpa memikirkan bagaimana cara mendapatkan hal itu sendiri dengan usaha. Anak yang terlalu dimanja akan memikirkan semua kebutuhannya harus dipenuhi, ketika ia tidak mendapatkannya ia akan marah. Jangan sampai anak membawa ini hingga dewasa.

    Kemampuan bertahan hidup

    Bukan hanya kecerdasan akal yang dibutuhkan, sense of surviving juga dibutuhkan ketika anak di mana saja, kelak. Keterampilan rumah tangga seperti memasak, mencuci baju, bahkan menyikat dan menguras kamar mandi dan memasang kran air pun mungkin sederhana, namun pasti ia butuhkan nanti.

    Good manner

    Terkadang anak-anak masa kini sudah tidak punya lagi sikap sopan dan menghormati. Sebaliknya, mereka mengembangkan sikap individualis, meninggikan ego dan acuh tak acuh. Sebagai orangtua, penting mengajarkan sopan santun, keramahan, dan empati terhadap orang lain.

Itu dia beberapa hal penting yang dibutuhkan anak selain belajar di bangku sekolah. Jika ia bisa melengkapi dirinya dengan empat hal di atas, kamu bisa melepasnya pergi dari rumah saat dewasa nanti tanpa rasa khawatir, karena ia pasti bisa menjaga dirinya sendiri dengan baik.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading