Sukses

Parenting

Ini Alasan Mengapa Kasih Sayang Ortu Pengaruhi Perkembangan Anak

Kasih sayang orangtua merupakan hal utama dalam pertumbuhan anak. Cinta kasih ibu dan ayah dapat melengkapi nutrisi bagi si kecil. Hal ini disampaikan oleh Psikolog Ratih Ibrahim yang memaparkan pentingnya cinta Bunda dan Ayah pada masa eksplorasi untuk melengkapi nutrisi. Memperbolehkan si Kecil bereksplorasi merupakan salah satu wujud cinta Bunda dan Ayah.

"Kepercayaan diri orang tua dapat mendorong si Kecil untuk berani dan mandiri sehingga semakin terbuka kesempatan untuk mereka belajar hal-hal baru dan mengembangkan dirinya," ujar Ratih saat ditemui di Jakarta.

Ratih menambahkan, ada tiga bekal penting dalam pertumbuhan anak, yaitu cinta dari orangtua, kecukupan nutrisi, serta stimulasi. "Stimulasi mudah didapatkan ketika diberikan dengan benar. Seperti eksplorasi adalah bagian dari stimulasi," tambahnya.

Eksplorasi sendiri bisa didapatkan ketika kita di rumah, ruang terbuka dengan melakukan kegiatan sederhana dan mudah. Ratih mengungkapkan pelukan dari orangtua ialah stimulasi paling mudah didapatkan.

"Dalam memberikan stimulus pada anak harus sesuai umurnya. Sebab anak satu tahun dunianya berbeda dengan anak sudah usia tiga tahun,"ungkapnya.  

Ketika anak bereksplorasi, sebagai orangtua kita pun tidak boleh berkata tidak pada anak. "Kata iya boleh untuk si kecil bereksplorasi, sebab jika ada kata tidak membuat kecil hati pada anak. Namun, kita mengganti kata tidak dengan cara mengajarkan seperti, boleh main tanah, asalkan sehabis itu mencuci tangan ya," tutup Ratih.

Nah Mom, semoga apa yang disampaikan Ratih ini bermanfaat dan bisa menjadi bekal dalam mendidik si kecil dengan lebih baik lagi ya.

(vem/asp/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading