Sukses

Parenting

Perkembangan Anak: Sudah Bisa Apa Saja Harusnya Bayi 12 Bulan?

Membahas perkembangan bayi memang sangat seru. Sudah melalui fase satu sampai tiga bulan, dan empat sampai enam bulan, di artikel kali ini Vemale bakal kasih informasi sekalian untuk perkembangan bayi usia tujuh sampai 12 bulan. Sudah bisa apa saja seharusnya bayi kamu di bulan-bulan akhir di tahun pertamanya, mom? Yuk simak yang berikut ini.

Mengambil Benda dengan Telunjuk dan Ibu Jari

Bayi tujuh bulan sdah bisa mengambil benda dengan ibu jari dan telunjuk.

Setelah di fase sebelumnya, bayi sudah bisa duduk dan menggenggam benda atau apapun yang ada di dekatnya, di antara enam menuju tujuh bulan ini mereka mulai bisa merangkak berkeliling. Selain itu, bayi juga mulai bisa mengambil sesuatu yang mereka lihat, dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk. Dua fase ini juga penting untuk diabadikan loh, ladies.

Gerak Tubuh untuk Komunikasi

Antara 7 - 12 bulan, bayi ada dalam fase bergerak untuk berkomunikasi.

Di fase ini, bayi juga mulai berusaha berkomunikasi dengan bahasa tubuh mereka. Mereka mulai bisa memberi isyarat, hal yang sangat penting sebelum mereka belajar mengungkapkannya secara lisan. Contoh paling umum, mereka sudah bisa berontak dalam gendongan, sambil melihat ke arah lantai, saat mereka minta diturunkan.

Merangkak dan Berjalan

Bayi mulai berjalan adalah momen yang tak akan pernah terlupakan bagi ibu.

Di bulan-bulan terakhir di tahun pertama ini, bayi sudah mulai bisa berpindah tempat dengan cara merangkak. Pelan-pelan mereka juga mulai mencari cara untuk bisa berdiri dan berpindah dengan kedua kakinya. Sebelum benar-benar bisa berjalan, bayi biasanya membutuhkan pegangan untuk menjaga keseimbangan saat berpindah tempat. Momen belajar berjalan ini yang kerap menjadi kekhawatiran para ibu, namun tentu saja ini merupakah fase yang bakal paling dikenang.

Well mom, seperti itulah rangkaian perkembangan bayi pada umumnya. Jika ada yang bayinya berkembang tidak seperti fase dalam artikel Vemale, jangan khawatir! Mom perlu dengan sabar mengarahkan mereka untuk berkembang. Namun jika perkembangan bayi jauh dari apa yang tertulis di sini, mungkin mom bisa konsultasikan pada dokter anak kepercayaan keluarga.

(vem/dew)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading