Sukses

Parenting

Perkembangan Anak: Sudah Bisa Apa Saja Harusnya Bayi Enam Bulan?

Setelah melewati masa tiga bulan punya bayi, masih akan ada banyak fase yang dilewati seorang ibu. Jika kamu adalah ibu baru, pasti masih mencari tahu banyak informasi seputar tumbuh kembang bayi kan, ladies? Nah, di sini Vemale bakal melanjutkan cerita tentang fase pertumbuhan bayi setelah artikel terdahulu. Yuk kita mulai dari usia 4 hingga 6 bulan.

Mengembangkan Penglihatan Binokular

Bayi mulai bisa melihat baik dengna kedua mata.

Seperti yang sudah dibahas di fase sebelumnya, bayi sudah bisa melihat lebih jelas, dan mempelajari wajah. Nah, di usia empat bulan, penglihatan binokular mereka sudah sempurna. Artinya, mata kanan dan kiri sudah bisa difungsikan dengan baik. Bayi bisa melihat segala bentuk di sekitarnya dengan benar.

Melihat Gerakan

Penglihatan bayi mulai mengikuti ke mana benda bergerak.

Selain sudah bisa menggunakan kedua matanya dengan baik, mata bayi dalam usia empat sampai enam bulan juga sudah bisa mengikuti ke mana sesuatu yang mereka liihat bergerak. Jika kamu memiringkan kepala ke kanan, maka mereka juga akan memiringkan kepala mengikuti ke mana arah gerak kepalamu.

Meraih Apa yang Dilihat

Bayi mulai bisa maraih apa yang dia lihat di depannya.

Di usia ini, bayi juga mulai belajar meraih dengan kedua tangannya. Apa yang dia lihat, selalu ingin dia pegang. Dia juga sudah bisa menggenggam jari orang lain, ataupun mainan yang diberikan padanya. So, di usia ini, ada baiknya kamu melatih motorik tangannya, ladies.

Belajar Duduk

Belajar duduk tegak setelah bisa melapas kedua tangan yang dijadikan penyangga.

Duduk jadi keahlian utama bayi pada umumnya di bulan keenam. Sebelumnya, di usia empat atau lima bulan, bayi masih merosot atau berguling miring saat mencoba duduk, tapi akhirnya mereka mulai mamakai tangannya untuk menyangga tubuh. Sekitar bulan kelima memasuki enam, otot punggungnya makin kuat untuk menopangnya. Dan di usia enam bulan, mereka belajar melepaskan satu per tangan untuk duduk tegak.

Mulai Mengoceh

Bayi mulai bisa mengoceh dengan suku kata yang dibentuk dari bibir.

Jika di tiga bulan pertama bayi sudah bisa menggumam dan berteriak dengan satu suku kata dan menonjolkan vokal, di trimester kedua ini, mereka sudah mulai bisa mengoceh, cenderung dengan ucapan yang dibentuk dari bibir, seperti 'ba-ba'. Mereka akan lebih jarang menangis, dan mulai bisa menjelaskan sesuatu dengan cara mengucapkannya, dibarengi dengan bahasa tubuh.

Nah! Makin seru kan ladies, mengikuti perkembangan bayi kita. Hal-hal kecil semacam ini tentu saja menjadi hal yang penting untuk diingat, dan bahkan mungkin kamu ingin mengabadikan semua dalam video, mengingat di era sekarang ini sudah sangat mudah untuk membuat rekaman gambar. Well, selamat menikmati masa awal jadi ibu!

(vem/dew)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading