Sukses

Beauty

Berat Badanmu Sudah Ideal? Ukur Lingkar Pinggang Sekarang!

Banyak wanita masih sering insecure soal bentuk tubuh dan berat badannya. Tak ada yang salah, karena memiliki tubuh gemuk pasti akan mengundang banyak penyakit, jadi wajar jika kamu ingin menjaga berat badan ideal agar sehat dan juga lebih percaya diri.

Banyak ahli kesehatan pasti berpatokan dengan angka body mass index (BMI) untuk menentukan apakah kamu dalam batas berat badan ideal, kegemukan dan obesitas. Sayangnya, penghitungan BMI terkadang bisa mengecoh karena ketika massa ototmu lebih besar, angka BMI menunjukkan kamu sedang kegemukan, padahal tubuhmu sangat sehat, langsing dan tidak banyak lemak.

Karena kekurangan inilah, sebenarnya ada cara lebih sederhana jika ingin tahu apakah berat badanmu ideal atau tidak, yaitu dengan mengukur lingkar pinggang. Penelitian yang berjudul "A Pooled Analysis of Waist Circumference and Mortality in 650,000 Adults" menyarankan mengukur lingkar pinggang sebagai indikator kesehatan.

Penemuan penelitian menyatakan bahwa wanita yang memiliki lingkar pinggang antara 95 cm dan lebih besar dari itu memiliki risiko 80% lebih besar mengalami penyakit dibanding wanita dengan lingkar pinggang kurang dari 70 cm.

Dibanding menghitung indeks massa tubuh, mengukur lingkar pinggang bisa lebih praktis dan akurat karena menurut peneliti, seberapa banyak tumpukan lemak di perut bisa jadi tanda bahaya di banding bagian tubuh lain, sehingga lingkar pinggang bisa jadi indikasi akurat soal kesehatan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading