Sukses

Parenting

Tidak Hanya Ibu, Kehadiran Ayah Juga Penting Bagi Anak-Anak

Kehadiran orangtua sangat penting bagi anak. Tidak peduli siapa yang paling penting antara ayah dan ibu. Keduanya memiliki peran yang berbeda, dan memiliki fungsi yang tidak kalah penting. Keduanya penting. Seperti seorang ibu, ayah juga memiliki peranan penting dalam pertumbuhan si kecil.

Mom, berikut ini adalah peranan ayah bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

    Meningkatkan Kecerdasan Anak

    Anak yang didampingi anak akan memiliki kecerdasan yang lebih tinggi. Ia akan sanggup untuk mengeksplor lingkungan sekitar. Tidak hanya itu, keterlibatan ayah dalam perkembangan anak akan meningkatkan kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah yang akan membantu meningkatkan prestasi anak.

    Sebagai Penyemangat

    Seorang ayah cenderung akan lebih menyemangati anak dalam berkompetisi. Anak pun akan lebih dididik lebih mandiri. Hal-hal yang bersifat kompetitif akan diajarkan ayah kepada anak. Sedangkan ibu lebih cenderung pada rasa aman.

    Sebagai Teman Bermain

    Ayah cenderung lebih menjadi teman bermain bagi anaknya. Dari interaksi bermain bersama anak ini akan mengajarkan banyak hal kepada si anak. Mulai melatih kesabaran, menyelesaikan masalah dan melindungi dari kesalahan.

    Lebih Disiplin dan Tegas

    Seorang ayah memiliki ketegasan yang lebih besar dibanding ibu, karena itu peran ayah sangat besar dalam menghasilkan anak-anak yang disiplin. Seorang ibu akan lebih menggunakan perasaan dan sering menerima alasan yang dilontarkan anak-anak mereka.

    Melindungi Anak

    Anak-anak yang memiliki sosok ayah di sisinya akan lebih merasa terlindungi dari bahaya sehingga memiliki sifat lebih pemberani. Sifat tegas dan membantu anak untuk lebih berani dan merasa dilindungi.

Nah, Mom demikian 5 peranan ayah untuk mendampingi tumbuh kembang anak. Kalau menurut Mom apa yang menjadi tugas seorang ayah? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading