Sukses

Parenting

Tak Pernah Dikatakan, Ini Yang Dipikirkan Anak Tentang Perceraian

Tidak ada anak yang ingin melihat orangtuanya bercerai, bahkan jika itu adalah keputusan terbaik. Tapi tentu saja kamu tidak perlu mempertahankan pernikahan jika itu justru membuat kalian semua tidak bahagia.

Bukan hanya kamu dan mantan suami saja yang mengalami banyak perubahan dalam hidup dan harus beradaptasi dengan kondisi yang baru. Anak kalian pun memiliki pandangan yang juga sama sekali berbeda. Tanpa sepengetahuanmu, mereka juga punya penilaian tersendiri tentang perceraian meski mungkin tak pernah dikatakan.

    Kamu tidak gagal sebagai orangtua

    Kamu mungkin akan merasakan ini setelah bercerai, tapi anakmu tidak berpikir seperti itu. Status pernikahan tidak bisa memperlihatkan seberapa baik kamu sebagai orangtua. Bahkan beberapa justru menjadi orangtua lebih baik setelah bercerai. Jadi jangan terus merasa bersalah dan berpikir kamu gagal ya.

    Jangan pernah mengatakan hal-hal buruk tentang mantan di depan kami

    Tidak ada anak yang suka orangtuanya dijelek-jelekkan, bahkan jika itu dilakukan oleh ayah dan ibunya sendiri. Jangan menanamkan kebencian terhadap mantan suami pada anak. Bagaimana pun, mantan suami adalah ayah bagi anakmu. Kesampingkan hubunganmu yang buruk dengan mantan, sebaliknya ajarkan anak untuk menerima keadaan ayah dan ibunya saat ini.

    Meski kalian tidak bisa hidup bersama, bersikaplah sewajarnya

    Meski kalian sudah bercerai, anak tetap tidak ingin melihat orangtuanya saling membenci dan memusuhi. Anak tetap ingin punya atmosfer keluarga bahagia. Akan lebih baik jika kalian bisa berteman atau hangout bersama, kalau pun tak bisa, paling tidak bersikap baiklah saat kalian di depan mereka.

Itu dia tiga hal paling dibenci anak saat orangtuanya bercerai. Mungkin ketiga hal ini tak pernah dikatakan, namun begitulah yang umumnya diinginkan anak. Mereka juga tidak suka jika kalian berbohong atau mengandalkan uang dan hadiah untuk mengambil hati mereka. Be there, kehadiranmulah yang mereka butuhkan. Karena setiap anak akan selalu menyayangi orangtuanya, bahkan jika keduanya bercerai.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading