Sukses

Parenting

Jangan Panik Saat Berat Badan Bayi Tidak Bertambah, Cek 4 Hal Ini

Kenaikan berat badan merupakan satu indikator pertumbuhan bayi. Biasanya setiap bulannya akan ada kenaikan berat badan. Normalnya kenaikan berat badan bayi konsisten setiap bulannya.

Tapi bagaimana kalau berat badan bayi tidak bertambah? Jangan panik dulu, Moms. Coba cek hal-hal berikut ini. Siapa tahu penyebab tidak naiknya berat badan si kecil disebabkan oleh alasan ini.

    Mengalami Gangguan Pencernaan

    Seperti yang dilansir oleh boldsky.com, gangguan pencernaan juga bisa jadi salah satu alasan berat badan bayi tidak bertambah. Masalah pencernaan bisa jadi hal yang berbahaya tetapi sulit untuk diidentifikasi. Biasanya gangguan kesehatannya mencakup diare, penyakit usus, hingga alergi susu. Pada bayi, alergi susu merupakan identifikasi awal pada masalah pencernaan ini.

    Kondisi Tubuh Bayi Tidak Fit atau Sedang Sakit

    Saat bayi sakit, berat badannya bisa turun secara drastis karena ia kehilangan nafsu makan. Ketika bayi sakit, segera bawa ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Biasanya kita perlu menambahkan asupan cairan dalam tubuh (misalnya dengan air putih atau ASI) agar bayi tidak dehidrasi dan tercukupi gizinya.

    Ibu Mengalami Postpartum Depression

    Kondisi ibu ternyata juga berpengaruh pada kondisi bayi. Seperti depresi yang dialami ibu setelah melahirkan ternyata dapat berdampak pada bayi. Saat mengalami postpartrum depression, perhatian ibu pada bayi akan berkurang dan dapat berdampak pada kesehatannya. Kalau Moms mengalami depresi atau merasa tertekan setelah melahirkan, jangan ragu untuk meminta bantuan dari orang terdekat yang dapat memberikan perhatian khusus pada si kecil.

    Waktu Makan Bayi Tidak Tepat

    Untuk bayi yang berusia di atas usia 12 bulan sulit bertambah berat badannya, alasannya bisa karena waktu makan yang tidak tepat. Atau si kecil mengalami masalah makan, seperti sulit menelan makanan. Pastikan pola makannya teratur agar berat badannya bisa naik secara stabil.

Moms, penting untuk selalu memantau tumbuh kembang bayi setiap saatnya, termasuk berat badannya. Jika merasa ragu atau kesulitan mengidentifikasi masalahnya, segera konsultasi ke dokter, ya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading