Sukses

Parenting

Mom, Yuk Kenali Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

Perut kembung pada bayi umumnya akan membuatnya tidak nyaman, mudah rewel dan sering menangis. Sebenarnya, perut kembung pada bayi yang berusia 3 hingga 6 bulan adalah hal yang wajar. Ini terjadi karena sistem pencernaan pada bayi memang belum terbentuk dan bekerja secara sempurna.

Untuk masalah perut kembung pada bayi, dikutip dari laman parents.com, ini bisa disebabkan oleh banyak hal Mom. Adapun penyebab tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Makanan yang Dikonsumsi Mom

    Apa yang Mom konsumsi akan berpengaruh pada kesehatan buah hati. Apalagi, jika makanan utama buah hati adalah ASI eksklusif. Untuk mencegah risiko buah hati mengalami kembung, penting bagi Mom agar selalu memperhatikan makanan yang hendak dikonsumsi. Mom disarankan mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gas seperti kubis, brokoli, bawang, kacang dan kembang kol.

    Pengaruh Susu Formula

    Sebelum memberikan susu formula buat buah hati, usahakan agar mengonsultasikan hal ini ke bidan atau dokter anak. Tidak semua susu formula cocok dikonsumsi buah hati. Ada beberapa susu formula tertentu yang mendorong risiko perut kembung, alergi atau terjadi masalah di sistem pencernaan.

    Penggunaan Kipas Angin atau Pendingin Ruangan yang Kurang Bijak

    Sepanas apapun udara yang ada, pastikan agar Mom menggunakan kipas angin atau mesin pendingin ruangan dengan bijak. Penggunaan kipas angin dan pendingin ruangan yang kurang bijak bisa mendorong terjadinya masalah perut kembung pada bayi. Ketika bayi menelan terlalu banyak udara, ini dipastikan akan meningkatkan risiko perut kembung padanya.

    Teknik Menyusui yang Kurang Tepat

    Menyusui adalah aktivitas yang sering dilakukan antara ibu dan bayinya. Apalagi, jika bayinya masih sangat muda dan hanya makan serta minum dari ASI eksklusif. Sayang, aktivitas menyusui ini tidak jarang dilakukan dengan cara yang kurang tepat sehingga meningkatkan risiko bayi mengalami perut kembung. Kesalahan yang sering dilakukan saat menyusui antara lain adalah posisi menyusui yang kurang tepat, kepala bayi terlalu rendah saat menyusu dan sebagainya.

    Penggunaan Popok Terlalu Lama

    Jika buah hati Mom selalu menggunakan popok, usahakan agar sering-sering mengganti popok bayi. Jangan sampai, memakaikan popok terlalu lama dan air kencing yang ada terlalu penuh. Penggunaan popok yang terlalu lama bisa meningkatkan risiko perut kembung pada bayi. Ini juga bisa menyebabkan alergi dan infeksi di sekitar alat kelamin buah hati.


Mom, itulah beberapa penyebab perut kembung pada bayi. Selain penyebab di atas, penyebab lainnya antara lain adalah bayi diajak melakukan perjalanan jauh, bayi dimandikan terlalu lama, bayi baru saja menangis berlebihan, bayi dibiarkan bermain di atas lantai tanpa alas dan masih banyak lagi. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading