Sukses

Parenting

Tips Mengatur Jam Tidur Anak Agar Disiplin

Tahukah Mom jika jam tidur anak sering tidak teratur? Sore hari sudah terlelap, sebaliknya tengah malam terjaga. Saat Mom ingin istirahat, si kecil malah asik bermain sehingga membuatmu ikut terjaga. Memang memahami pola tidur anak adalah salah satu seni memiliki bayi. Tapi jika terus dibiarkan, justru tidak baik untuk perkembangan si kecil. Mom sebagai orangtua juga akan menjadi mudah lelah dan akan berpengaruh pada kesehatan.

Well, tidak perlu panik berikut ini adalah cara untuk mengatur jam tidur anak agar lebih disiplin. Yuk, simak tips dari vemale ya Mom.

  1. Ajarkan perbedaan siang dan malam. Ajak si kecil bermain sambil menyusui saat siang hari, dengan membiarkan cahaya matahari. Berbeda dengan saat malam hari, berikan suasana tenang dan redup.
  2. Tidur bersama si kecil akan membantunya untuk cepat tidur. Melihat Mom yang tidur ia akan tertarik untuk melakukan hal yang sama.
  3. Bangunkan dan tidurkan bayi di waktu yang sama. Hal ini akan membantu ia untuk terbiasa. Hal ini juga membantu mengatur jam biologisnya.
  4. Saat menangis, jangan biasakan untuk langsung menggendongnya. Biarkan ia di tempat tidur. Hal ini membantu ia dapat membedakan kapan waktu bermain dan kapan harus tidur.
  5. Pastikan bayi mengonsumsi makanan dengan cukup. Bayi yang kenyang akan membuat ia lebih cepat tidur. Hal ini juga mengurangi risiko si kecil terbangun saat malam hari karena lapar dan haus.
  6. Saat siang hari dan ia sudah tidur lebih dari 2 jam, segera bangunkan. Hal ini bertujuan agar saat malam hari si kecil lebih cepat tidur dan tentu saja agar tidurnya lebih lelap.
  7. Membacakan dongeng atau buku cerita akan membuatnya merasa nyaman dan akan membuatnya cepat merasa mengantuk. Ia pun akan mudah untuk tidur.
  8. Basuh wajah si kecil dengan air hangat, mengganti bajunya dengan pakaian tidur yang nyaman akan membuat ia cepat tidur dan akan tahu bahwa sekarang adalah waktunya untuk tidur.

Nah, Mom demikian 8 hal yang dapat Mom lakukan agar si kecil lebih disiplin saat akan tidur. Bagaimana Mom, atau kamu memiliki tips lainnya? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading