Sukses

Parenting

Breast Cysts (Kista Payudara) - Tumor Pada puting Payudara Menyusui

Cysts atau yang lebih dikenal dengan Kista. Namun, ini bukan penyakit kista pada umumnya ya Bunda, ini lebih kearah penyakit pada puting payudara menyusui. Ingin tahu perbedannya dengan penyakit kista pada umumnya? Yuk disimak artikel berikut.

Penggunaan istilah asli dari penyakit ini sendiri “breast cysts” bertujuan untuk menambah dan mempermudah Bunda mengenalinya jika suatu saat dokter menyebutkan hal tersebut. Karena rata-rata dalam dunia medis lebih banyak digunakan istilah asing.

Menurut laman breastcancercare.org.uk, breast cysts bisa digolongkan kedalam penyakit tumor, tetapi dengan sifat yang jinak atau harmless. Breast cysts adalah salah satu penyebab benjolan-benjolan asing yang biasanya muncul pada payudara, terutama di daerah sekitar puting. Breast cysts bisa muncul di salah satu payudara atau bahkan dua-duanya sekaligus.

Untuk sekedar gambaran umum, payudara terdiri dari kelenjar penghasil susu (lobulus) dan beserta dengan salurannya yang berfungsi membawa susu tersebut ke puting yang di kelilingi oleh beberapa kelenjar fibrosa dan lemak. Nah, jika terdapat cairan lain (asing) selain susu pada lobulus atau sekitaran lobulus, maka itulah breast cysts.

Breast cysts terasa lembut atau keras dan tumbuh dalam berbagai ukuran, mulai dari millimeter sampai dengan centimeter. Bagi orang yang terjangkit tumor ini, biasanya akan merasa sakit di daerah di mana tumor tersebut berkembang.

Kabar baiknya adalah, jika Bunda memiliki bejolan atau tumor ini, biasanya dokter akan membiarkannya karena tumor tersebut dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan apapun. Hal ini sudah dikonfirmasi benar secara medis loh seperti yang dilansir oleh laman yang sama.


Oleh: Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading