Sukses

Parenting

Bus di China Punya Ruang Menyusui Yang Nyaman

Menyusui adalah hal alami yang dilakukan wanita yang memiliki bayi. Kadang kegiatan ini terasa tidak nyaman dilakukan di tempat umum karena harus mengeluarkan bagian tubuh tertentu. Ada beberapa instansi yang menyediakan tempat khusus bagi ibu menyusui, misalnya di perkantoran atau mall. Sekarang, transportasi umum di China semakin membuat nyaman ibu yang sedang dalam masa menyusui.

Dilansir dari Dailymail.co.uk, bus umum di kota Zhengzhou, China memiliki ruangan khusus untuk ibu menyusui. Ruangan yang dimaksud adalah satu kursi khusus yang diberi tirai yang dapat dibuka tutup, mirip ruang ganti baju di mall. Layanan ini membuat ibu yang menyusui bisa lebih tenang memberikan ASI tanpa mendapat tatapan kurang nyaman dari penumpang lain.

(c) dailymail.co.uk

Upaya ini dilakukan pemerintah China sebagai kampanye memberikan ASI yang nyaman meskipun di tempat umum. Di China, tingkat pemberian ASI untuk bayi di bawah usia 6 bulan sangat rendah, hanya 28 persen. Minimnya tempat menyusui di tempat umum membuat para wanita enggan menyusui bayinya, sehingga fasilitas ini diharapkan mendorong motivasi para wanita untuk tetap memberikan ASI.

Sebagai makanan alami terbaik untuk bayi, ibu menyusui memang berhak mendapatkan tempat yang nyaman. Sayangnya hal ini belum dipahami oleh berbagai instansi dan pemerintah di seluruh dunia. Upaya yang dilakukan pemerintah kota Zhengzhou tampaknya bisa memotivasi negara lain untuk melakukan kampanye yang sama.

Bukankah akan sangat nyaman jika angkutan umum di Indonesia seperti kereta api atau bis memiliki ruangan khusus untuk ibu menyusui.

 

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading