Sukses

Parenting

Menyusui dan Menstruasi

Jika Anda bertanya-tanya kapan menstruasi Anda datang kembali setelah kelahiran, www.breastfeeding.com bahkan tidak yakin untuk memberikan kepastian kepada Anda kapan tepatnya Anda akan mengalami menstruasi kembali setelah melahirkan. Akan tetapi, alasan mengapa Anda belum juga mendapat menstruasi kemungkinan adalah tingginya jumlah hormon yang berkaitan dengan produksi ASI sering kali menghalangi terjadinya menstruasi. Jadi, jika menstruasi Anda tak kunjung datang, tidak ada yang salah dengan tubuh Anda. Sepertinya, menstruasi Anda akan terjadi segera setelah frequensi menyusui Anda menurun.

Beberapa ibu menyusui mengalami menstruasi segera setelah mereka memberikan susu formula dalam botol pada bayi mereka atau segera setelah bayi mereka dapat tidur lebih lama di malam hari bila dibandingkan pada awal kelahirannya. Akan tetapi, beberapa ibu menyusui tidak akan menstruasi hingga dia benar-benar menghentikan pemberian ASI pada bayi mereka.

Oleh karenanya, setiap ibu menyusui memiliki kondisi yang berbeda dalam hal datangnya menstruasi. Hal yang mungkin dapat mendatangkan menstruasi Anda kembali adalah menurunnya frekuensi menyusui, lamanya tidur bayi di malam hari, pemberian susu formula dalam botol, meningkatnya penggunaan gigitan bayi, serta ketika bayi mulai memperoleh makanan padat.

Ketika masa menstruasi Anda kembali, Anda akan menemui beberapa siklus menstruasi yang tidak teratur atau bahkan menstruasi yang tidak datang setiap bulannya hingga Anda memasuki masa kesuburan Anda untuk kembali mengandung bayi kedua Anda.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading