Sukses

Parenting

Payudara Terasa Penuh dan Tidak Nyaman Pada Masa Menyusui

Ketika anda dalam masa menyusui, Ladies, sangat wajar apabila anda merasa bahwa payudara anda terasa penuh dan tidak nyaman. Hal ini disebabkan karena tubuh anda sedang rajin-rajinnya memproduksi air susu ibu dan menyimpannya di dalam payudara. Lalu, bagaimana caranya agar merasa lebih nyaman ketika anda menyusui?


Berikan Air Susu Sesegera Setelah Melahirkan
3-4 bulan masuk ke dalam masa kehamilan, tubuh anda sudah mulai memproduksi air susu, Ladies. Air susu pertama untuk diberikan kepada buah hati anda ini disebut colostrums dan colostrums inilah yang memenuhi payudara anda sejak anda masih dalam masa kehamilan. Berikan colostrums sesegera setelah melahirkan akan membantu ‘mengosongkan’ payudara anda.
Menyusui Sesering Mungkin
Menurut babycenter.com, selama 48 jam pertama, berikan air susu ibu kepada buah hati anda sesering mungkin. Para ahli kesehatan menyarankan untuk menyusui sebanyak 8-12 kali sehari selama 48 jam pertama untuk membantu anda memberikan air susu yang dibutuhkan oleh buah hati anda dan juga mengembalikan rasa nyaman pada payudara anda.
Satu Demi Satu
Ketika menyusui, usahakan anda membiarkan buah hati anda menghabiskan air susu pada payudara yang satu terlebih dahulu sebelum memindahkannya pada payudara yang lainnya. Dengan begitu, air susu akan benar-benar habis, dan anda juga akan lebih mudah mengontrol jumlah air susu yang anda berikan pada buah hati anda.


Payudara yang membesar dan terasa penuh sungguh tidak nyaman bukan, Ladies? Namun hal itu bisa dengan mudah anda hindari dengan memberikan air susu yang tersimpan kepada buah hati anda. Bahkan, ketika buah hati anda sudah kenyang sekalipun, anda bisa menyimpannya dalam botol untuk memberikannya pada waktu yang lain.

Oleh: Mamor Adi P

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading