Sukses

Parenting

Mual dan Muntah di Trimester Pertama

Mual dan muntah ketika hamil, terutama pada trimester pertama, adalah hal yang sangat wajar untuk dialami oleh ibu hamil, Ladies. Mual dan muntah di saat hamil, terutama pada trimester pertama berarti tubuh anda sedang bersiap-siap untuk menerima kedatangan sang buah hati dalam kandungan.

Menurut webmd.com, peningkatan jumlah hormon di dalam tubuh, di antaranya, estrogen dan progesterone, menyebabkan mual dan muntah yang tidak bisa ditahan di masa hamil. Peningkatan hormon ini tidak main-main lho, Ladies. Menurut para ahli, tubuh bisa memproduksi 15 hingga 40 kali dari jumlah hormon diproduksi secara normal.

Selain itu, pada ibu hamil, tingkat produksi hormon beta-HCG juga meningkat. Peningkatan hormon ini dalam tubuh wanita sering menjadi penyebab dari gejala yang disebut oleh ibu hamil sebagai morning sickness. Morning sickness adalah gejala mual-mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil. Disebut dengan morning sickness karena gejala ini sering terjadi di pagi hari atau setelah bangun tidur.

Perubahan jumlah hormon dalam tubuh tentunya secara langsung akan mempengaruhi fungsi alat tubuh, Ladies. Rasa mual dan ingin muntah itu adalah salah satu akibatnya. Bahkan untuk beberapa orang mengkonsumsi vitamin dan suplemen kehamilan bisa memperparah rasa mual tersebut. Salah satu cara untuk mengurangi perasaan tidak enak ketika hamil adalah sering makan dengan porsi yang sedikit-sedikit atau menyiapkan cemilan setiap saat.

Oleh: Mamor Adi P

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading