Sukses

Parenting

4 Jenis Olahraga yang Baik untuk Hamil Agar Persalinan Lancar

Saat sedang hamil, penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan bayi dalam kandungan. Selain menjaga pola makan, rutin melakukan olahraga juga sangat direkomendasikan. Tapi memang tak semua jenis olahraga cocok untuk ibu hamil.

Seperti yang dilansir dari famifi.com, ada empat jenis olahraga yang baik untuk ibu hamil. Jenis olahraga ini bisa membantu menjaga kesehatan selama kehamilan hingga membantu melancarkan proses persalinan. Hanya saja memang harus tetap memperhatikan keselamatan dan kondisi kandungan ya moms.

1. Olahraga yoga
Gerakan yoga sederhana sangat baik dilakukan ibu hamil. Selain bisa menjaga kesehatan tubuh, yoga juga bisa bantu kurangi stres. Saat usia kandungan semakin tua, mungkin agak sulit untuk melakukan semua gerakan yoga. Jadi cukup disesuaikan saja dengan kemampuan dan tingkat kenyamanan.

2. Berenang
Tentu saja untuk olahraga ini harus ada pelatih atau pendamping yang berpengalaman. Berenang bisa jadi salah satu jenis olahraga untuk membantu ibu hamil tetap bugar. Berat badan yang naik dan perut yang makin besar pun bukan jadi masalah saat tubuh sudah masuk ke dalam air.

Olahraga untuk ibu hamil./Copyright famifi.com

3. Kardio ringan
Sendi-sendi tubuh mungkin akan rentan cedera saat hamil. Di sini untuk menjaga kesehatan tubuh, kita bisa melakukan olahraga kardio ringan. Bisa dengan lari di treadmill atau jogging santai setiap pagi.

4. Angkat beban
Olahraga angkat beban masih tergolong aman untuk ibu hamil selama masih bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan. Akan lebih aman bila saat melakukan olahraga ini didampingi oleh pelatih profesional. Mengingat untuk mengangkat beban selama hamil perlu ekstra hati-hati.

Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memilih jenis olahraga tertentu untuk dilakukan selama hamil. Selama dilakukan sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan, olahraga rutin selama hamil bisa memberi banyak manfaat positif untuk menjaga kesehatan tubuh.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading