Sukses

Parenting

4 Tips Nyaman Mempersiapkan Pumping Asi di Tempat Kerja

Baru melahirkan dan sudah harus kembali bekerja? Sebagai wanita karir sekaligus ibu, tentu kamu tak ingin mengabaikan kewajiban untuk menyusui bayi kecilmu. Dan jika kantor mengizinkan kamu tetap bisa pumping susu, jangan ragu memanfaatkan kesempatan ini untuk tetap memberi asi eksklusif.

Kamu bisa tetap memerah susu di kantor, dengan situasi dan kondisi tertentu. Ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Belajar bagaimana pumping
Pertama, kamu harus tahu bagaimana proses pumping, bagaimana caranya dan kapan waktu paling baik mendapatkan air susu paling banyak. Sebelumnya, kamu sudah harus latihan pumping di rumah dan mengenali tubuhmu sendiri kapan waktu terbaik dan air susu paling banyak diproduksi. Dengan begini, kamu tak kerepotan menentukan kapan harus pumping.

2. Peralatan dan keperluan pumping
Pastikan kamu sudah melengkapi segala keperluan untuk pumping, seperti alat peras asi, botol higienis asi, kain lap untuk membersihkan alat peras dan area payudara dan cold storage untuk menyimpan asi. Jika kamu bisa mengirimkannya ke rumah segera setelah pumping, akan lebih baik lagi. 

3. Latih diri sendiri untuk rileks
Tentu saja pengalaman pertama pumping tidak akan mudah. Kamu bisa saja merasa nervous, takut atau malu. Jika seperti ini, bisa mempengaruhi produksi asi lho. Ketika kamu stres dan tidak nyaman, produksi asi juga bisa berhenti. Jadi pastikan dirimu sedang rileks, nyaman dan dalam keadaan senang atau bahagia saat melakukan pumping. Kamu bisa melihat video lucu atau melihat foto si kecil untuk memotivasi diri sendiri.

4. Tempat yang nyaman
Beruntunglah kamu jika punya kantor yang menyediakan ruang khusus menyusui, jadi kamu bisa lebih leluasa pumping asi. Tapi jika tidak, kamu harus menemukan ruangan nyaman untuk pumping. Kamu bisa menggunakan ruang istirahat wanita atau musolah bagian wanita jika ingin lebih nyaman. Pastikan kamu duduk nyaman dan dalam posisi tenang saat pumping.

Pengalaman pumping asi pertama kali pasti penuh tantangan dan membuatmu belajar banyak. Pumping asi terkadang tidak mudah karena berbagai kendala, namun jangan sampai hal ini membuatmu urung memenuhi kewajiban ibu untuk menyusui si kecil ya Moms.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading