Sukses

Parenting

Bagaimana Agar Bayi Cepat Tidur? Yuk, Ikuti Tips Psikolog Ini

Menidurkan bayi bisa jadi perjuangan yang cukup berat. Terlebih bagi para orang tua newbie, membuat si kecil agar cepat tidur bisa butuh waktu yang lama. Apalagi bayi memiliki jam tidur yang tidak menentu dan hal ini kerap membuat para orangtua begadang untuk menemaninnya.

Bila anak tidak tidur tepat waktu, jam tidurnya bisa berkurang. Padahal idealnya bayi tidur selama 18 jam per hari. Untuk itu, sebagai orangtua kita harus memilih cara yang tepat agar si kecil tidur teratur dan tepat waktu. Seperti yang dijelaskan Psikolog Roslina Verauli, M.Psi, hal pertama yang dilakukan ialah membuat kamar anak senyaman mungkin.

Dengan mengatur suhu ruangan, lampu saat tidur, serta mengenalkan pada anak bahwa sudah malam bisa membantu anak tidur tepat pada waktunya saat malam hari. Dengan cara ini, anak pun bisa lebih mudah beradaptasi dan membedakan mana siang dan malam.

Lalu apakah si kecil harus tidur dengan orang tua? Roslina memaparkan hasil penelitian yang menganjurkan saat masih berusia tiga bulan sebaiknya anak tidur dengan neneknya atau pengasuh.

"Di usia 2-3 bulan bayi bisa dekat dengan siapa saja. Boleh minta bantuan ke siapa pun, namun saat menginjak usia 4-6 bulan usahakan dengan orangtua karena si kecil sudah mulai bisa mengingat orang tua. Usia 7 bulan ke atas akan selalu ingin dekat dengan orangtua," ujarnya saat ditemui di Jakarta.

Selain itu ada tips efektif lain yang bisa membantu anak cepat tidur. Apa itu? Yaitu dengan mengusap bagian tengah kepalanya hingga punggung dengan gerakan satu arah untuk membuatnya merasa nyaman.

Dengan mencoba tips-tips tersebut, kita bisa membantu si kecil untuk tidur tepat waktu. Semoga infonya bermanfaat, moms!

(vem/asp/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading