Sukses

Parenting

Tips Nyaman Saat Payudara Terasa Penuh & Berat Di Masa Menyusui

Saat menyusui payudara akan lebih penuh karena memproduksi ASI untuk si buah hati. Ini akan menimbulkan rasa yang kurang nyaman untuk tubuh. Hal ini memang wajar karena payudara sedang aktif memproduksi air susu ibu dan menyimpannya di dalam. Nah, jika kamu mengalami masalah ini ada baiknya menyimak tips berikut Ladies.

  • 3-4 bulan masuk ke dalam masa kehamilan, tubuh sudah mulai memproduksi air susu. Air susu pertama untuk diberikan kepada buah hati ini disebut juga dengan colostrum. Colostrum inilah yang memenuhi payudara sejak kamu masih mengandung. Berikan colostrums sesegera setelah melahirkan akan membantu ‘mengosongkan’ payudara dan membuatnya tak terlalu terasa penuh.
  • Selama 48 jam pertama, berikan air susu ibu kepada buah hati sesering mungkin. Para ahli kesehatan menyarankan untuk menyusui sebanyak 8-12 kali sehari selama 48 jam pertama untuk membantu memberikan asupan yang pas dan dibutuhkan oleh buah hati. Ini juga akan membantu membuat payudara terasa tak penuh dan lebih nyaman.
  • Saat menyusui usahakan sang buah hati menghabiskan air susu pada payudara yang satu terlebih dahulu sebelum berpindah pada payudara yang lainnya. Dengan begitu, air susu akan benar-benar habis, dan kamu juga akan lebih mudah mengontrol jumlah air susu yang diberikan pada buah hati.


Intinya adalah mengosongkan payudara Ladies. Payudara yang besar dan berat memang akan membuat tubuh terasa kurang nyaman. Jika produksi ASI terasa sudah penuh kamu juga disarankan untuk memompa ASI dan menyimpannya untuk si kecil. Semoga tips ini bermanfaat ya.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading