Sukses

Parenting

Sentuhan Kasih Sayang Bisa Bantu Perkembangan Otak Bayi

Bayi masih sangat membutuhkan perhatian dari ibu dan ayahnya. Setiap orang pasti gemes melihat bayi hingga timbul keinginan menggendong, mencium atau sekedar mengelus kulitnya yang halus kan? Ternyata, kontak fisik berupa sentuhan pada bayi bisa membantu perkembangan otaknya lho, menurut sebuah penelitian.

Banyak penelitian mengatakan bahwa sentuhan kulit ke kulit dari orangtua atau pengasuh kepada bayi memberi banyak manfaat untuk pertumbuhan bayi, mulai dari meningkatkan tumbuh kembang anak hingga membantu mengembangkan skill motoriknya.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology juga menyebutkan, menyusui dan memberikan belaian dan sentuhan lainnya pada bayi mampu membuat bayi tenang, bahkan bisa mengurangi rasa sakitanak pada saat disuntik atau mendapatkan tindakan medis lainnya.

Setelah melakukan tes pada 125 bayi prematur dan kelahiran normal terhadap sentuhan lembut, menunjukkan bahwa bayi cenderung menunjukkan perkembangan dan respon baik terhadap sentuhan.

Pemimpin penelitian, Dr. Nathalie Maitre, dari Nationwide Children's Hospital Columbus, mengatakan bahwa sentuhan pada bayi juga membantu mengembangkan koneksi sosial-emosi pada otak bayi.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading