Sukses

Parenting

Jawaban Ahlinya Mengapa Janet Jackson Bisa Melahirkan di Usia 50

Apa yang sudah menjadi kuasa Tuhan memang tidak akan bisa ditentang manusia. Kutipan bijak ini tepat disematkan pada penyanyi Janet Jackson yang kondisi usianya menentang ragam teori kedokteran.

Jackson yang selama ini dikenal sebagai penyanyi pop ternama di Amerika Serikat berhasil melahirkan di usia 50 tahun! Dalam usia yang dianggap sudah sulit memiliki keturunan, Jackson melahirkan bayi laki-laki sehat, Selasa (3/1).

"Janet Jackson dan suaminya, Wissam Al Mana, sangat bahagia menyambut kelahiran putra mereka yang diberi nama Eissa Al Mana. Janet melahirkan dengan lancar dan kini sedang beristirahat," ujar juru bicara Jackson seperti dilansir dari Kapanlagi.com.

Janet Jackson dan suami/Instagram

Secara teori, bisa hamil di usia senja adalah suatu kejadian langka. Dikatakan dr.Liva Wijaya,SpOG, bahwa hamil dan melahirkan di usia 50 tahun pada dasarnya lima kali lebih bahaya dari wanita 30 tahunan. Kehamilan di usia itu hampir semua merupakan hasil proses kehamilan berbantu dengan atau tanpa donasi telur.

"Presentase kehamilan secara alami sangat rendah karena pada usia tersebut biasanya pasien sudah memasuki usia menopause," ujar dr. Liva pada vemale.com, Rabu (4/1).

Selain itu ada beberapa risiko kondisi kesehatan yang perlu diperhatikan berupa kelainan bawaan pada bayi meningkat menjadi kurang lebih 1:80 pada wanita usia 40-an dan meningkat seiring usia si ibu. Risiko kesehatan itu sendiri berupa gangguan tekanan darah, gagal jantung, gangguan metabolik, dan profil darah meningkat yang nantinya akan berakibat buruk pada ibu dan janinnya.

Janet saat hamil besar | Foto copyright: mirror.co.uk

"Maka itu keadaan ibu harus terkontrol dengan baik dari fungsi jantung, ginjal, kadar tiroid, dan gula darah. Kadar nutrisi juga harus dicukupi dengan baik," kata dr.Liva. "Secara etik juga diperdebatkan karena ditakutkan si ibu akan kesulitan mengurus anak di usia senja," tambahnya.

Buat Jackson sendiri ini adalah anak pertama dari suami ketiganya, Wissam Al Mana. Dari dua pernikahan sebelumnya bersama James DeBarge (1984 - 1985) dan René Elizondo, Jr. (1991-2000) tidak dikaruniai anak. Sejak pernikahannya bersama Al Mana, Jackson memilih menghindari sorotan media. Wanita kelahiran 16 Mai 1966 itu juga sudah menggunakan hijab dan memeluk agama Islam.

Selamat ya Janet, semoga bayi dan ibunya diberi kesehatan sebaik-baiknya :)

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading