Sukses

Parenting

3 Tips Mengatasi Anak Balita Diare Atau Sakit Perut

Terkadang, anak yang sakit perut bisa membuat Mom kebingungan dan tak tahu harus berbuat apa, benar kan? Tapi jangan khawatir dulu Mom, daripada panik duluan, ini yang bisa dilakukan ketika anak sakit perut atau diare. 

    Mencukupi cairan tubuh

    Minum air putih yang banyak saat diare atau sakit perut. Menjaga cairan tubuh itu penting untuk menghindari anak dehidrasi karena kekurangan cairan. Bahkan jika nanti anak muntah, tetap berikan air untuk diminum.

    Obat oral

    Berikan obat oral semacam oralit (campuran garam dan gula) setiap 20-30 menit sekali. Jika muntah, berikan jeda 30 menit baru memberikan obat lagi. Jangan dipaksa jika tak bisa langsung diminum, minumkan per sendok, asal obat bisa masuk.

    Hindari dulu makanan padat dan asam

    Hindari makan buah dan sayur dahulu. Beri makan yang mudah dicerna semacam roti, bubur dan kentang. Hindari jus, minuman manis, dan berbagai makanan asam. Hindari juga minum susu.

Selama anak tak menunjukkan penurunan stamina atau lemas pada tubuh dan bisa menerima obat dan makanan, lanjutkan penanganan di rumah. Untuk kondisi yang lemah, segera periksakan ke dokter ya Moms.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading