Sukses

Parenting

Tanda-Tanda Demam Yang Serius dan Yang Tidak

Sebagai orang tua, mengetahui tanda-tanda demam merupakan yang hal penting. Karena dengan pengetahuan yang cukup akan demam, orang tua diharapkan mampu memberikan penangan yang tepat pada anak.

Mungkin banyak dari anda, para orang tua, yang belum mengetahui bahwa demam secara umum terbagi menjadi dua macam.

Ada jenis demam yang tidak terlalu serius, yang biasanya merupakan akibat dari tubuh yang sedang melawan penyakit, infeksi, dan masalah lainnya, yang biasanya tidak memerlukan penanganan khusus.

Namun, ada pula demam yang terjadi karena masalah kesehatan yang serius, yang menuntut anak segera diberi penanganan dokter.

Menurut penjelasan dalam situs kidshealth.org, perbedaan antara demam yang serius dan yang tidak dapat diketahui berdasarkan suhu tubuh anak dan juga kondisi umum mereka.

Dijelaskan dalam situs ini, bahwa secara umum, jika suhu tubuh anak yang sedang demam tidak melebihi 37.8°C, maka demam yang mereka derita biasanya merupakan tipe yang tidak serius.

Hanya saja, jika anak anda ternyata masih berumur 3 bulan atau kurang, demam ini mungkin merupakan tanda-tanda infeksi yang serius. Sehingga, sebaiknya anda segera membawa bayi anda ke dokter. Begitu pula jika anak anda berusia antara 3 bulan sampai 3 tahun dan menderita demam hingga 39°C.

Tak hanya suhu tubuh saja yang menjadi indikasi keseriusan demam yang mereka derita. Tingkah laku mereka pun juga merupakan indikasi yang dapat diamati.

So, seperti yang tercantum pula dalam situs yang sama, meskipun anak anda demam hingga 39°C, jika ia tetap mau bermain, tersenyum, ataupun juga makan dan minum dengan normal, berarti demam yang ia derita tidaklah serius.

Penulis: Alfi Suci D.

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading