Sukses

Parenting

Pencegahan Overdosis Acetaminophen pada Anak

Acetaminophen atau yang biasa disebut paracetamol ini memang dapat menyembuhkan demam. Namun, berhati-hatilah dengan obat ini karena obat ini dapat menyebabkan anak anda mengalami overdosis. Supaya terhindar dari overdosis, www.mayoclinic.com memberikan beberapa tips pencegahan sebagai berikut ini.

  • Setiap demam tidak selalu berujung dengan Acetaminophen. Meskipun demam merupakan gejala umum yang terjadi ketika anak jatuh sakit, demam juga merupakan kunci utama tubuh dalam melawan infeksi. Oleh karena itu, berikan kenyamanan pada anak ketika demam menyerang. Jangan langsung diberikan Acetaminophen.
  • Bacalah keterangan petunjuk pemakaian pada label produk sebelum memberikan obat kepada anak. Biasanya petunjuk pemakaian dosis didasarkan pada berat badan atau umur anak.
  • Jika produk obat memiliki takaran tertentu (seperti sendok obat), jangan gunakan sendok lain untuk menakar. Gunakan sendok yang sudah ada bersama produk obat.
  • Apabila anda sudah memberikan obat lain kepada anak (contohnya obat flu), jangan memberikan Acetaminophen kepada anak. Hal ini dapat memicu anak mengalami overdosis.
  • Jangan memberikan dosis orang dewasa kepada anak-anak karena kepercayaan semakin banyak semakin cepat sembuh. Kepercayaan tersebut sangat salah di mata medis karena semestinya anak mengkonsumsi obat sesuai dosis yang diperlukan oleh tubuh anak.
  • auhkan obat dari jangkauan anak. Anak anda bisa jadi tidak sengaja memakan atau meminum obat yang anda letakkan tanpa sepengetahuan anda.

Jadi, seperti yang dibilang pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Semoga bermanfaat.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading