Sukses

Lifestyle

Funtaustic Festival 2017, Ajang Anak Autis Menggali Potensinya

Anak-anak dengan autisme juga memiliki kreativitas, bahkan lebih tinggi dari anak-anak normal lainnya. Di sini orang tua punya peran penting untuk mengetahui metode belajar yang cocok untuk anak pengidap autis.

Motivator Dessy Arnas mengatakan bahwa anak-anak dengan autis harus diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi diri mereka. Salah satu caranya adalah dengan mengikutsertakan anak ke berbagai kegiatan yang menyenangkan, seperti Funtaustic Festival 2017, pada tanggal 8 dan 9 Juli 2017 di Sky World Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

"Anak-anak autis selalu menyimpan kelebihan, bakat di balik segala kekurangannya. Peran orang tua penting dalam menggali dan memfasilitasinya. Karena itu mereka perlu diperkenalkan dengan berbagai kegiatan bervariasi," ujar Dessy saat ditemui konferensi pers Funtaustic Festival 2017 di SkyWorld, Taman Mini Indonesia Indah.

Funtaustic Festival 2017 dapat mengembangkan potensi anak berkebutuhan khusus seperti autis. Kegiatan berskala nasional ini pun untuk pertama kalimya diadakan di Jakarta.

Latesha Ivi Indriani, salah satu panitia Funtausitic Festival 2017 menyampaikan, event ini dapat memberi kesempatan kepada para orang tua anak-anak istimewa tersebut untuk melihat bakat dan minat dari putra putri mereka.

"Festival ini untuk pertama kalinya digelar dengan skala nasional. Ini jadi ajang kreativitas bagi anak autis untuk mencoba menggali potensi. Jadi, mereka punya kesempatan dan tidak ada bedanya dengan anak-anak normal," ujar Latesha.

Dengan tema "We’re All Amazing", acara ini menghadirkan beberapa narasumber yang akan memberikan edukasi seputar dunia autisme dari bidang terkait, mulai dari ahli gizi (yang membahas makanan untuk penderita autisme), psikolog anak tumbuh kembang dan pakar terapi autisme.

Selain itu, Latesha menambahkan pihaknya juga akan menciptakan suatu "playground" besar yang berkaitan dengan autis. Sebuah playground yang berisi wahana yang sarat akan edukasi dan permainan.

"Ada Art Exhibition sebagai area pameran karya seni anak-anak autistic, fun workshop seperti mendongeng, menyanyi, menari, dan painting experience," tambah dia.

Dalam event ini juga terdapat Talent Show yang akan menampilkan anak-anak dengan autis yang memiliki bakat musik. Nantinya, lanjut dia, akan diselenggarakan pula lomba berkesenian musik, menyanyi, dan menari.

Untuk acara puncak, event ini menyelenggarakan sebuah talkshow yang dinamakan Autalks dengan mengundang bintang tamu orang tua dari anak autis yang sukses, salah satunya ibunda dari Michael Anthony Pianis Autis yang mendapatkan penghargaan Record Muri Indonesia.

Festival kreativitas ini menyasar anak autis berusia 10-17 tahun. Pada rentang usia itu, anak autis dianggap memerlukan perhatian lebih untuk tumbuh kembangnya.

Nah, moms berniat datang ke acara menakjubkan ini? Moms cukup membayar biaya masuk seharga Rp25 ribu dan acara talkshow Rp100 ribu saja, lho. Sampai ketemu di sana, moms.

(vem/asp/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading