Sukses

Parenting

Manfaat Hobi 'Unik' Balita Menyobek Kertas

Mom yang memiliki balita tentu mengetahui kebiasaan menyobek kertas. Jika selama ini Mom sering dibuat kesal karenanya, sebaiknya mulai sekarang Mom tidak perlu kesal dan marah. Temani kebiasaan dan hobi si kecil ini. Menurut penelitian, kebiasaan ini ternyata memiliki manfaat positif bagi si kecil.

Mom, berikut ini adalah manfaat menyobek kertas yang biasa dilakukan balita. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

    Melatih Konsentrasi Anak

    Bagi anak, menyobek kertas dapat membantunya untuk meningkatkan konsentrasinya. Mom dapat membantunya dengan meminta si kecil menyobek lagi kertas yang sudah dipotong. Ulangi hingga kertas benar-benar disobek hingga ukuran kecil, hitung waktu yang ia butuhkan. Semakin banyak kertas yang berhasil ia sobek maka daya konsentrasinya akan meningkat.

    Dapat Membantunya Mengenal Warna

    Sediakan kertas dengan berbagai warna. Minta si kecil untuk menyobeknya. Sediakan kertas polos berwarna putih. Minta ia untuk mengelompokkan kertas berdasarkan warna. Minta ia untuk menempelkan kertas tersebut.

    Mengenal Tekstur Kertas

    Setiap kertas memiliki tekstur yang berbeda. Bentuk kertas yang berbeda akan membantunya mengenal berbagai tekstur kertas. Dari yang sulit disobek hingga yang mudah. Hal ini juga dapat membantu otot sensoriknya.

    Mengenal Ukuran

    Saat menyobek, mungkin si kecil tidak menyadari bentuk dan ukuran kertas. Maka setelah ia selesai dengan keasikannya untuk menyobek kertas, tidak ada salahnya jika Mom mengajak si kecil untuk memisahkan kertas berdasar ukurannya.

Begitu banyak manfaat yang didapat dari kebiasaan si kecil menyobek kertas. Bagaimana sudah tidak memiliki alasan untuk melarangnya bukan? Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading