Sukses

Parenting

Kesalahan yang Dilakukan Orangtua Hingga Membuat Anak Obesitas

Terkadang orangtua tak sadar bahwa ternyata kebiasaan dan sikapnya terhadap anak bisa memengaruhi kehidupan secara negatif, salah satunya soal berat badan. Kamu mungkin sudah tahu, jika orangtua obesitas bisa memicu anak tumbuh obesitas.

Ada satu hal lagi yang ternyata juga memicu anak tumbuh kelebihan berat badan hingga obesitas, yaitu penilaian orangtua terhadap anak. Menurut sebuah analisis penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Psychological Science, orangtua yang menganggap anak mereka kelebihan badan justru akan membuat anak makin gemuk.

Penelitian yang dilakukan selama dua dekade ini menuliskan, anak-anak yang dianggap orangtua mereka gemuk di usia 4-5 tahun cenderung akan mengalami kenaikan berat badan signifikan dalam hitungan tahun, dibanding anak-anak yang dinilai punya berat badan normal oleh orangtua mereka.

Setelah dipelajari, ternyata alasannya adalah anak-anak cenderung melihat tubuh mereka secara negatif karena orangtua juga menganggap gemuk (negatif). Mereka mungkin akan mencoba diet namun justru gagal dan malah menaikkan berat badan. Ini dipicu oleh pemikiran negatif dari diri sendiri yang sebenarnya dimulai dari orangtua.

Penelitian dilakukan pada dua keluarga berbeda, 2.823 keluarga Australia dan 5.886 keluarga Irlandia. Hasilnya tak jauh berbeda pada anak laki-laki maupun perempuan, baik dari latar belakang keluarga berbeda, status ekonomi, kondisi kesehatan atau berat badan orangtua.

Hasil penelitian lain yang dilakukan American Academy of Pediatrics bahkan menyarankan agar orangtua tidak perlu membahas tentang berat badan, diet, menghitung kalori makanan dan lain sebagainya dengan anak sejak remaja. Jika ingin anak sehat, maka itu pun harus dimulai dari orangtua, biasakan anak mengenal makanan sehat sejak kecil.

Jadi, sebagai orangtua, kamu juga perlu hati-hati dalam bicara dengan anak ya Moms. Jangan sampai masalah berat badan justru bisa membuatnya tumbuh jadi anak gemuk nantinya, Biasakan hidup sehat sejak ia kecil ya agar tumbuh jadi anak sehat pula.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading