Sukses

Beauty

Hati-Hati! Gangguan Gusi Erat Kaitannya Dengan Kanker Payudara


Pernah mengalami sakit gusi atau periodontal? Pada dasarnya, penyakit ini umum dialami oleh sebagai besar orang. Kita mungkin menganggap bahwa penyakit ini bukan penyakit yang serius atau berbahaya. Tapi jangan salah lho Ladies. Dikutip dari laman medicaldaily.com, baru-baru ini, penelitian yang dilakukan oleh peneliti di University at Buffalo's School of Public and Health Professions menemukan jika sakit gusi atau periodontal sangat erat kaitannya dengan risiko kanker payudara.

Ya, dari penelitian yang dilakukan terhadap wanita menopause dan mengalami penyakit gusi, sebagian besar dari mereka sangat rentan terhadap masalah kanker payudara. Tak hanya bagi mereka yang mengalami menopause dan penyakit gusi, beberapa dari mereka yang memiliki riwayat aktivitas merokok memiliki risiko kanker payudara lebih besar. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang pernah merokok dan tidak merokok memiliki risiko kanker yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain.

Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Para peneliti menyebutkan jika bakteri dan virus di mulut perokok lebih banyak jika dibandingkan dengan mereka yang nggak merokok. Sebelumnya, para peneliti meneliti 73.737 wanita yang telah mengalami menopause dan tidak memiliki risiko kanker payudara. Wanita ini juga telah tercatat dalam Womens Health Intiatove Observational Study dan dinyatakan bebas dari risiko kanker. Tapi, setelah diteliti kembali, sebanyak 26,1 % wanita yang mengalami penyakit gusi sangat berisiko besar terhadap kanker payudara. Bahkan penemuan terbaru menyebutkan sekitar 2.124 wanita yang mengalami masalah pada gusinya positif mengalami risiko kanker payudara.

Dari temuan ini, para peneliti percaya bahwa mereka yang mengalami masalah pada gusi, 14% lebih rentan mengidap kanker payudara jika dibandingkan dengan mereka yang tak pernah mengalami masalah dengan kesehatan gusinya. Bukan hanya itu saja, mereka yang merokok dan memiliki masalah dengan kesehatan gusi akan memiliki risiko kanker payudara lebih besar lagi. Bahkan, untuk wanita yang telah berhenti merokok namun memiliki masalah gusi memiliki 5-6 % risiko kanker payudara.

Menurut National Institute of Dental and Craniofacial Research, masalah kesehatan gusi yang rentan menyebabkan kanker payudara bisa meliputi apa saja. Penyakit gusi bisa mencakup peradangan pada gusi, plak gusi yang tak diobati atau karang gigi yang terlalu parah. Para peneliti mengungkapkan ketika plak gigi dan tartar tak diobati, hal ini menyebabkan penumpukan pertumbuhan bakteri di gigi. Bakteri inilah yang erat kaitannya dengan kanker payudara atau penyakit serius lain di tubuh.

So Ladies, mulai sekarang, perhatikan betul kesehatan dan kebersihan gigi khususnya gusi ya. Agar bisa terhindar dari risiko kanker payudara, jangan hanya menjaga kebersihan dan kesehatan gusi. Lebih jauh, kamu juga perlu menjalankan pola hidup sehat, minum air putih cukup, olahraga cukup, hindari rokok dan alkohol. Kurangi pula konsumsi berbagai makanan dan minuman cepat saji atau kaleng ya. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading