Sukses

Parenting

Beredar Penjualan Pil Aborsi Secara Online, Ini Yang Perlu Anda Waspadai

Beberapa waktu lalu, sempat heboh banyak yang menjual obat aborsi secara online dan bahkan promosinya sangat meyakinkan dan banyak pula yang membelinya. Melihat fenomena seperti ini, rasanya sangat miris dan khawatir bukan?

Apa jadinya dunia ini jika pil aborsi saja sudah diperdagangkan bebas secara online seakan baju dan tas. Vemale akhirnya mendiskusikan dengan MeetDoctor mengenai beberapa hal yang berhubungan dengan obat ini dan ini dia jawaban yang diberikan oleh dr. Cepi Teguh P, SpOG.

1. Dalam dunia kedokteran, sebenarnya apa fungsi pil Gastrul (Misoprostol-Cytotec 200mcg)?

Misoprostol adalah sejenis analog prostaglandin anti ulkus, yaitu obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati tukak lambung. Selain itu, obat ini juga dapat mencegah terjadinya tukak pada usus halus. Misoprostol berfungsi menurunkan kadar asam di dalam lambung. Selain itu, obat ini dapat meningkatkan kadar lendir dan bikarbonat di dalam lambung. Lendir dan bikarbonat berguna untuk melindungi lambung dan usus dari asam.

2. Apakah ada efek samping jika wanita memakai pil GastrulĀ  untuk menggugurkan kandungan?

Efek sampingnya dari yang ringan seperti mual, muntah, kadang diare dan demam, sampai yang berat seperti perdarahan dan kecacatan pada bayi apabila proses pengguguran tidak berhasil.

3. Penjual mengatakan jika memakai Gastrul, janin akan keluar dan rahim sudah bersih tanpa perlu kuret, apakah hal itu benar?

Keberhasilan gastrul untuk proses pengguguran kehamilan tidak 100%, si ibu tetap harus dilakukan pemeriksaan usg untuk melihat ada tidaknya sisa kehamilan yang mengharuskan ibu menjalani tindakan operasi kuretase.

4. Apa saran dokter untuk para wanita yang melihat pil Gastrul sebagai solusi untuk menggugurkan kandungan?

Tidak disarankan pemakaian gastrula untuk proses pengguguran kehamilan karena efek sampingnya yang bisa sampai menimbulkan perdarahan hebat dan tidak 100% efektivitasnya. Sebaiknya lakukanlah konsultasi dan konseling kepada dokter kandungan untuk penanganan kehamilan yang tidak diinginkan/ gagal KB.

Jadi, jangan sembarangan melihat ada obat dijual secara online Ladies, apalagi perbuatan aborsi bukan hanya mengancam nyawa namun juga dosa.

Sumber : http://meetdoctor.com/

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading