Sukses

Parenting

Manfaat Bercinta Saat Masa Kehamilan

Ladies, melakukan hubungan seks saat Anda sedang hamil sebenarnya tak masalah, asalkan Anda memiliki kehamilan normal. Hamil bukan berarti tidak dapat melakukan hubungan seks lagi. Pasangan suami istri masih dapat melakukan hubungan seks saat hamil, kecuali jika ada alasan medis dan atas saran dari dokter untuk tidak melakukannya.

Perlu Anda ketahui manfaat dari hubungan seks saat hamil seperti yang dilansir pada situs babycentre.com, bahwa saat Anda dan pasangan Anda berhubungan seksual, prostaglandin yang dikeluarkan sperma dapat mengakibatkan kontraksi guna membantu penekanan sehingga kepala bayi dapat masuk ke bagian bawah panggul, bahkan leher rahim bisa menjadi lunak.

Anda juga harus tahu, saat Anda melakukan hubungan seksual harus dilakukan dengan posisi yang nyaman dan jangan sampai terjadi kontraksi yang dahsyat untuk menghindari pecahnya ketuban. Sebab, ketuban yang pecah dapat menyebabkan infeksi ke tubuh janin.

Perlu diperhatikan pula, dalam situasi tertentu hubungan seksual pada trisemester kedua tidak diperbolehkan khususnya pada ibu hamil dengan plasenta previa, di mana plasenta menghalangi cervix, pelebaran cervix prematur dan beresiko mengalami persalinan prematur.

Maka dari itu, sebelum Anda melakukan hubungan seksual saat Anda sedang dalam masa kehamilan, Anda jangan segan-segan untuk berkonsultasi dan banyak bertanya kepada dokter kandungan, atau alangkah lebih baik lagi kalau Anda minimal dua bulan sekali berkonsultasi ke dokter.

 

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading