Sukses

Parenting

Penyebab Kehamilan Sungsang (Part 1)

Kehamilan sungsang merupakan kehamilan dimana letak posisi kepala bayi dalam kandungan tidak turun ke bawah. Normalnya, di trimester ketiga menjelang kelahiran, posisi kepala bayi akan mulai turun. Penyebab kehamilan sungsang ini sebenarnya belum dapat diketahui secara pasti.

Namun, para ahli mengaitkan kehamilan sungsang dengan beberapa faktor. Berikut bebrapa faktor yang sering dihubung-hubungkan dengan kehamilan sungsang, yang disalir dari laman webmd.com:

- Kelahiran prematur

Melahirkan secara prematur atau melahirkan sebelum waktunya merupakan salah satu faktor bayi dalam keadaan sungsang ketika dilahirkan. Posisi bayi yang sungsang ini akan menyulitkan Bunda untuk melahirkannya. Bahkan beberapa kasus, kehamilan sungsang ini akan menjalani proses melahirkan melalui operasi Caesar.

- Kehamilan Kembar

Jika Bunda hanya mengandung satu bayi, maka bayi tersebut akan leluasa untuk bergerak di dalam rahim. Namun, pada kehamilan kembar yang terdapat lebih dari satu bayi dalam kandungan, bayi akan kesulitan untuk bergerak karena ukuran rahim yang tidak memungkinkan. Jadi, posisi kepala bayi mungkin saja tidak dapat turun.

- Permasalahan Pada Air Ketuban

Air kutuban merupakan pelindung bagi bayi. Air ketuban juga dapat membuat bayi menjadi lebih mudah untuk bergerak. Namun, jika volum air ketuban yang tidak normal, terlalu sedikit atau terlalu banyak, akan menyebabkan bayi menjadi sulit untuk bergerak, dan membuat posisi kepala bayi menjadi tidak turun.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading